12 Jenis Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Otak

Salah satu organ paling penting yang ada dalam tubuh manusia adalah otak. Bagaimana tidak? otak merupakan sumber dari segala aktivitas tubuh yang dilakukan oleh manusia. Dari mulai berpikir, bernafas, melihat, meraba, menendang, makan, minum, dan aktivitas lainnya merupakan perintah dari otak manusia. 

Untuk itu, otak kita tentunya membutuhkan asupan gizi yang mencukupi agar aktivitas sehari-hari juga bisa berjalan dengan lancar. Lantas, makanan seperti apa saja sih yang baik dan bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan fungsi otak kita? Berikut 12 jenis makanan terbaik untuk kecerdasan otak.

1. Ikan

Dalam ikan, terkandung asam lemak Omega-3 yang berdasarkan penelitan mampu meningkatkan performa otak. Ikan juga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Hal ini karena dengan kandungan Omgea-3 dalam ikan mampu meningkatkan kecerdasan kognitif pada bayi. 

Tak heran, mengkonsumsi ikan dengan rutin menjadi salah satu faktor lahirnya anak dengan kecerdasan tinggi. 

Tak hanya itu, sebuah studi menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi ikan sebanyak 3 kali dalam satu minggu mampu menurunkan resiko alzheimer hingga mencapai 39 persen. 

Jenis ikan yang mengandung asam lemak esensial dan omega-3 diantaranya adalah ikan salmon, ikan tuna, sarden, ikan teri, dan ikan herring. 

Jenis Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Otak

2. Sumber Karbohidrat: Gandum, Oat, Beras Merah

Untuk bekerja dengan optimal, otak membutuhkan asupan energi dan karbohidrat yang cukup. Sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi dan bisa membantu meningkatkan performa otak manusia adalah gandum, oat, dan beras merah. 

Tak hanya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan baik untuk otak, gandum utuh juga bermanfaat untuk menjaga kondisi gula darah dalam tubuh. 

Untuk itu sarapan sehat dipagi hari disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, agar performa otak lebih maksimal saat memulai aktivitas sehari-hari. 

Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa anak-anak yang rutin sarapan setiap hari bisa meraih nilai lebih tinggi serta mampu mengerjakan tes memori lebih akurat dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk sebagai makanan kecerdasan otak dan penambah daya ingat sebab kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan ampuh untuk mencegah penurunan fungsi kognitif otak. Selain kacang-kacangan, Vitamin E juga banyak terkandung dalam sayuran hijau, asparagus, biji-bijian, telur, beras merah, dan minyak zaitun.
4. Blueberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga dapat membantu mengoptimalkan aliran darah dan oksigen ke otak. Aliran oksigen yang lancar akan membantu konsentrasi lebih terjaga. 

Sebuah studi dari Universitas Tufts bahkan menunjukan bahwa mengkonsumsi blueberry bisa membantu peningkatan daya ingat dan mencegah terjadinya kehilangan ingatan. Antioksidan dalam blueberry juga ampuh mengurangi peradangan. 


5. Tomat 

Sebuah studi Neurology dari Finlandia mengungkapkan bahwa likopen bisa membantu melindungi otak manusia dari berbagai penyakit, seperti stroke dan lain-lain. 

Likopen ini terkandung dalam kulit buah tomat, sehingga tomat sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Dengan kadar likopen yang cukup dalam tubuh, maka dipercaya mampu mengurangi resiko stroke hingga mencapai 55 persen, selain manfaatnya yang luar biasa sebagai "makanan kecerdasan otak".

6. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat. Salah satu kandungan penting yang ada pada bayam adalah zat besi, dimana zat besi ini tentunya sangat dibutuhkan oleh otak. 

Studi menunjukan bahwa kurangnya asupan zat besi bisa memicu penurunan fungsi otak, menurunkan daya ingat, hingga mengurangi konsentrasi seseorang. Tak hanya bayam, zat besi juga banyak terkandung pada sayur dengan warna daun gelap, seperti kedelai, kacang panjang, dan lain-lain.

7. Brokoli

Jenis vitamin yang memiliki fungsi untuk meningkatkan daya kognitif seseorang adalah vitamin K, dimana vitamin ini banyak terkandung dalam sayuran Brokoli. 

Tak hanya vitamin K, Brokoli juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk melindungi otak dari kerusakan, serta kandungan kolin yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru dalam otak dan mampu meningkatkan kemampuan belajar seseorang. 

makanan penambah daya ingat

8. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan tinggi dan curcumin yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Sebuah studi menunjukan bahwa zat curcumin mampu mencegah kerusakan fungsi otak, seperti alzheimer, dan lain-lain. 

Kandungan curcumin dalam kunyi juga mampu mengoptimalkan pembentukan sel baru pada otak manusia. 

9. Wortel 

Wortel merupakan salah satu sayuran sehat yang kaya akan kandungan nitrit. Kandungan nitrit yang masuk kedalam tubuh ketika dikonsumsi ini kemudian akan diubah menjadi nitrat oleh tubuh, dimana nitrat akan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan aliran darah dan oksigen ke otak. 

Sebuah studi menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi jus wortel secara teratur memiliki performa kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya. Selain pada wortel, kandungan nitrat dan bit juga banyak terkandung dalam sayuran umbi lainnya. 

10. Coklat

Cokelat memiliki kandungan polifenol flavonid, dimana zat ini sangat bermanfaat untuk melindungi otak dari kerusakan. Cokelat juga bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan daya kognitif. 

Sebuah studi menunjukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi cokelat secara rutin dalam 8 minggu, mampu melalui tes kognitif dengan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi cokelat.
11. Teh Hijau

Teh hijau memang dikenal sebagai teh dengan sejuta manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan otak. Sebuah studi Psychopharmacology menunjukan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara rutin bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif otak, dan sangat ampuh untuk membantu meningkatkan daya ingat seseorang. 

Zat baik dalam teh hijau mampu mengoptimalkan sambungan sinaptik jangka pendek antar otak. Hal inilah yang kemudian membuat teh hijau mampu membantu kinerja otak kita menjadi lebih maksimal. 

makanan kecerdasan otak

12. Air Putih

Untuk membuat pikiran kita agar tetap terkonsentrasi, maka hindari terkenda dehidrasi. Caranya? Perbanyak konsumsi air putih. Setiap bagian pada tubuh manusia pada dasarnya sangat membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan optimal, begitu pula otak manusia. 

Studi menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi air putih secara rutin dan selalu menjaga tubuh mereka agar selalu terhidrasi, ternyata memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik dibandingan dengan mereka yang kurang rutin meminum air putih. 

Tak hanya air putih, kebutuhan cairan untuk tubuh juga dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah dan sayur, seperti semangka, melon, mentimun, dan lain-lain. 

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu, otak juga membutuhkan banyak asupan vitamin lain seperti vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke, meningkatkan kemampuan kognitif seseorang, dan mengurangi resiko kerusakan pada otak. 

Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B6 dan B12 diantaranya adalah gandum utuh, alpukat, asparagus, susu, bayam, telur, daging, ikan dan lain-lain. 

Untuk itu agar kondisi tubuh tetap sehat, konsentrasi terjaga, dan kemampuan otak lebih maksimal maka mulailah mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk meningkatkan fungsi dan kecerdasan otak. 

...