Friday, March 11, 2016

Kenapa Kita Mengalami Kesemutan? Ini Penjelasannya

Masih banyak dari kita sangat-sangat sering mengalami fenomena yang bernama kesemutan. Namun kenapa sebenarnya kita bisa kesemutan? dan apakah ada hubungannya dengan semut? Pertanyaan ini masih dipertanyakan oleh banyak orang.

Kesemutan memang peristiwa wajar teraneh yang sering kita rasakan sehari-hari. Tetapi pertanyaan besarnya: apakah benar-benar ada semut di dalam tubuh kita? Apa yang sebenarnya terjadi ketika kita mengalami kesemutan? berikut penjelasannya.


Dalam dunia medis, sensasi kesemutan yang kita alami sehari-hari ini disebut sebagai Paresthesia. Jadi pendeknya, tubuh kita ini memiliki jaringan saraf yang tugasnya menyampaikan informasi antara otak dan seluruh bagian tubuh.

Lalu kesemutan itu terjadi singkatnya karena tekanan yang menghalangi suplai darah kita suatu bagian saraf. Sehingga menhambat saraf tersebut untuk bekerja. 

Contohnya, kita menaruh suatu benda yang sangat berat di atas tangan kita. Saat terjadi penindihan ini, jaringan saraf kita berhenti mengirimkan informasi menuju otak dan juga sebaliknya dimana saraf kita tidak mendapatkan aliran oksigen dari hati. Akibatnya saat tindihan beban dilepaskan, jaringan saraf kita yang tertekan ini langsung menambakan infromasi secara banyak dari dan menuju otak.

Sehingga terjadilah sensasi seperti dikerubungi semut yang kita sebut sebagai kesemutan. Kesemutan atau bahasanya kerennya Paresthesia berasal dari bahasa yunani yang artinya presepsi yang menyimpang. Tetapi meskipun sering terjadi, Paresthesia tidak dapat diremehkan begitu saja.

Paresthesia yang sering dan lama dapat menandakan bahwa kita sedang mengidap penyakit berat. Seperti diabetes, gagal jantung, tumor hingga stroke. Jadi intinya sepertinya kita sudah mengetahui bahwa kesemutan itu tidak ada kaitannya dengan keberadaan semut dalam tubuh kita. Jadi jangan salahkan semut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenapa Kita Mengalami Kesemutan? Ini Penjelasannya