Wednesday, March 2, 2016

Gempa 7,9 SR Mentawai Berpotensi Tsunami, BMKG Peringatkan Warga Di Lima Provinsi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa besaran gempa yang baru saja berlangsung sekitar pukul 19.49 WIB, Rabu (3/2), berpotensi menyebabkan tsunami.
Titik gempa Mentawai. Sumber: BMKG
Pihak BMKG juga meralat angka besaran skala richter yang tadinya 8,3 menjadi 7,8 hingga 7,9 SR. Namun, peringatan dini tsunami masih belum dicabut.

Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Jaya Murjaya menyebut bahwa koreksi besaran skala richter berubah menjadi 7,8 sampai 7,9, namun peringatan dini tsunami di lima provinsi masih belum dicabut. Lima provinsi yang dimaksud adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat termasuk Mentawai, Bengkulu, dan Lampung. Warga di daerah tersebut diminta untuk menjauhi kawasan di sekitar pantai barat Sumatera.

Sebelumnya, warga gempar dengan pemberitaan gempa di sekitar Kepulauan Mentawai yang disebut-sebut mencapai 8,3 SR. Titik gempa sendiri berada di koordinat 4,92 Lintang Selatan, 94,39 Bujur Timur, atau sekitar 681 kilometer ke arah barat daya Mentawai, dengan kedalaman 10 kilometer.

Potensi terjadinya tsunami membuat warga di sekitar pantai Sumatera Barat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Warga Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh yang berdekatan dengan Mentawai dikabarkan hingga saat ini masih memilih berjaga diluar rumah untuk mengantisipasi adanya gempa susulan. Beberapa warga dikabarkan tidak merasakan adanya gempa, namun kaget dengan teriakan warga lain yang berhamburan keluar rumah.

Gempa tersebut sebenarnya berlangsung tidak sampai satu menit dan tidak terlalu kuat, namun dianggap membahayakan mengingat bencana Tsunami Mentawai yang pernah terjadi pada 25 Oktober 2010 silam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gempa 7,9 SR Mentawai Berpotensi Tsunami, BMKG Peringatkan Warga Di Lima Provinsi