Friday, March 18, 2016

Cara Mengatasi Darah Rendah Biar Sembuh 180 Derajat

Mudah lemas, lesu, mata berkunang-kunang adalah ciri-ciri khas pada penderita tekanan darah rendah. Apakah anda belakangan ini sering merasakan hal seperti itu? Ingin sembuh dan mau tahu bagaimana cara mengatasi darah rendah ini?  

Dalam artikel ini kita akan bahas lengkap apa saja yang menyebabkan seseorang bisa mengalami penyakit darah rendah, dan kita akan cari tahu solusi terbaik agar benar-benar sembuh total 180 derajat, tentunya dengan cara yang alami,  terbukti aman dan tidak mahal.

Kenali Ciri-ciri Tekanan Darah Rendah Terlebih Dahulu

1. Mata Kabur dan Berkunang-kunang

Ini adalah ciri yang paling khas ditemui pada seseorang yang menderita tekanan darah rendah. Cara pengujiannya cukup mudah, bila duduk/jongkok terlalu lama kemudian berdiri biasanya seperti kehilangan keseimbangan, kepala pusing dan pandangan mata menjadi kabur alias berbayang. 

Tak hanya duduk saja, terkadang saat  berdiri lama seperti mengikuti upacara bendera atau sedang mengantri, dalam seketika bisa membuat penderitanya jatuh pingsan.

Cara Mengatasi Darah Rendah Biar Sembuh 180 Derajat

2. Wajah Pucat, tidak bertenaga dan keluar keringat dingin

Tanda-tanda darah rendah lainnya juga dapat dilihat dari wajahnya, sudah pasti pucat, mudah mengantuk dan mudah merasa kecapaian meskipun hanya melakukan aktivitas ringan. 

Kondisi tubuh pun mudah untuk dikenali, biasanya  telinga, telapak tangan, bibir seperti berwarna biru pucat dan terasa dingin, padahal tidak berada didalam ruangan AC. Ini pun biasanya sambil disertai dengan keringat dingin.

3. Sering Merasa Haus, Perut Terasa Mual dan Nafas terasa Cepat (sesak)

Anda sudah minum banyak tapi rasa haus seperti tidak mau hilang juga. Ini bisa dijadikan indikasi dari gejala kurang darah. Biasanya  dalam tahap ini , si penderita darah rendah juga sering mengalami rasa mual yang berlebihan diperutnya. 

Selain itu Nafas dangkal atau cepat seperti orang sesak nafas juga akan dialami. Serangan ini tidak boleh disepelekan, sebab lama kelamaan dada akan terasa sangat sakit dan nyeri. 

Ini pun akan berlanjut mempengaruhu psikis si penderita, yang rentan terkena komplikasi penyakit seperti mudah kebingungan, sulit konsentrasi, strees dan depresi.

Obat darah Rendah yang Terbukti Paling Aman dan Murah

1. Perbanyak mengkonsumsi  lemak nabati

Cara ampuh mengatasi darah rendah yang pertama adalah perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak nabati. Kenapa harus lemak nabati dan bukan lemak hewani? 

Sebab, lemak nabati sangat direkomendasikan untuk seseorang yang mengidap penyakit darah rendah ataupun darah tinggi. 

Hal ini sangat logis mengingat lemak nabati jauh lebih mudah untuk dicerna dan menjauhkan dari resiko kolestrol seperti halnya mengkonsumsi lemak hewani. Beberapa contoh makanan ajaib yang dipercaya kaya akan lemak nabati yaitu gandum, sereal dan kacang-kacangan.

2. Garam

Sejak dahulu garam sangat kaya akan manfaatnya bukan hanya ampuh untuk mengobati sakit gigi, untuk orang yang mudah lupa alias pikun juga penuh yodium dan posfor yang sangat berguna untuk pemulihan syaraf dan pembentukan tulang. 

Dalam kasus kurang darah atau darah rendah, garam terbukti efektif menambah laju produksi sel darah merah sehingga ampuh untuk menaikkan tekanan darah. 

Namun awas, bila kondisi kesehatan sudah normal jangan lagi untuk mengkonsumsi garam, sebab bila berlebihan akan menyebabkan penyakit hipertensi atau darah tinggi.

3. Kafein dari Kopi

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Dokter International melalui Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia(PERKI). Ada fakta menarik yang ditemukan dalam kopi terutama kandungan kafeinnya. 

Dijelaskan bahwa mengkonsumsi satu hingga dua cangkir kopi per hari sangat ampuh untuk menyembuhkan darah rendah. 

Sebab kandungan kafein akan otomatis membuat tubuh menjadi segar bugar sehingga badan lemas, mata berkunang-kunang akibat tekanan darah rendah dalam seketika akan lenyap. Dan bila digunakan secara teratur dan rutin tapi tidak berlebihan, kopi dipercaya sangat cepat untuk menyembuhkan penyakit darah rendah.

pengobatan darah rendah

4. Kemangi

Khasiat daun Kemangi memang sudah terkenal sejak jaman nenek moyang kita, sebagai pengobatan alami daun kemangi sangat berguna untuk mengatasi bau badan berlebih ataupun menghilangkan bau pada mulut kita. 

Tapi tahukah anda jika daun Kemangi juga terbukti efektif untuk "pengobatan darah rendah". Cobalah mulai dari sekarang untuk mengkonsumsi daun ajaib ini, rasakan perbedaan tubuh anda dalam beberapa minggu.

5. Kismis

Buah Kismis sepertinya  menjadi obat darah rendah paling nikmat di dunia. Bukan saja terasa enak saat kita mencicipinya, namun ada bonus kesehatan yang dijanjikan yakni dipercaya ampuh untuk mengatasi darah rendah secara alami. Mau tahu caranya? 

Simple dan sederhana, taruh buah kismis yang kering dan rendam selama semalam penuh. Jika sudah agak sedikit lembek alias tidak kering lagi, silahkan santap dan rasakan khasiatnya.

6. Makan Wortel

Kandungan vitamin a dalam wortel tak hanya efektif untuk membuat mata sehat. Tapi juga ampuh dalam pengobatan darah rendah. Caranya, boleh dimakan langsung mentah-mentah atau dibuatkan jus tapi ingat jangan ditambahkan gula.

7. Kurangi gula, softdrink dan alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak gula, softdrink ataupun alkohol bisa secara drastis meningkatkan tekanan darah anda. 

Konyolnya peningkatan tensi darah yang tiba-tiba mendadak ini bisa mengakibatkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti pusing akut, mata berkunang-kunang, bahkan jatuh pingsan. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak minuman alkohol dan gula dalam waktu singkat.

Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda.  Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi penyakit.  

Alkohol dan softdrink juga memiliki dampak negatif bagi sistem syaraf tubuh  apalagi bila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus. 

8. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan nutrisi

Kurang gizi adalah salah satu indikasi kesehatan tubuh yang kurang baik. Dengan terpenuhinya jenis-jenis makanan yang penuh nutrisi akan membuat system kekebalan tubuh kita akan meningkat. 

Begitupun halnya dengan fungsi syaraf yang akan memaksimalkan kinerja dalam tubuh salah satunya memperlancar aliran darah. Selain memenuhi makanan nutrisi, makanan yang mengandung banyak serat juga sangat berguna meskipun tidak memiliki kandungan gizi sama sekali. 

Namun makanan ini sangat penting, sebab serat akan merangsang aktivitas saluran usus agar berfungsi normal untuk mengeluarkan sisa pembuangan (kotoran) dan dapat membantu menurunkan badan, endapan lemak di dinding pembuluh darah. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan tidak tersumbat.

9.  Jangan Melupakan Olahraga

Bagaimanapun olahraga selalu menjadi menu paling penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh, selain menjadi aktif dan berenergi. Tubuh kita juga tidak mudah terasa lemas dan tak mudah terserang penyakit. Saat keringat dikeluarkan, lemak dan racun-racun yang mengendap akan dikeluarkan dari tubuh. 

Jika anda malas untuk berolahraga, ada cara lain yang lebih sederhana. Biasakan untuk berjalan kaki kemana anda pergi. Misalkan membeli warung dekat rumah biasanya naik motor atau mobil, cobalah untuk berjalan kaki. 

Contoh lainnya bila biasa naik lift dikantor, cobalah untuk menggunakan tangga darurat. Tidak usah berlebihan, cukup menaiki 2 lantai saja yang selanjutnya bisa ditingkatkan levelnya.

cara mengatasi darah rendah
10. Cukupi kebutuhan  air putih 

Minum air putih secara teratur memang terdengar klise, tapi manfaatnya sungguh luar biasa. Faktanya, banyak orang yang menyepelekan dengan kegunaan obat mujarab yang terbilang gratis ini. 

Cobalah untuk minum air putih lebih dari 8 gelas sehari, bukan hanya berfungsi sebagai detoksifikasi atau istilah lainnya membuang racun/zat tidak terpakai, tapi air putih juga sangat ampuh untuk memperlancar peredarah darah dalam tubuh kita. 

Yang hasil akhirnya sudah dapat ditebak, tekanan darah (tensi) akan secara pelan-pelan pulih dan meningkat, sehingga memperbaiki sistem alirah darah agar berfungsi normal. Pemirsa beritaterbaru.id itulah beberapa cara ampuh mengatasi darah rendah yang terbukti cukup efektif dan tentunya aman serta tidak memakan biaya  yang mahal bila dibandingkan dengan berobat ke Dokter..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Darah Rendah Biar Sembuh 180 Derajat