Monday, March 28, 2016

Pemerintah Berikan Bantuan PKH 1,2 juta untuk Ibu Hamil

Kabar gembira buat semua ibu hamil, dikabarkan ada program terbaru dari pemerintah untuk mensejahterahkan para wanita yang sedang mengandung. Bahwa mulai bulan maret ini mereka akan mendapatkan "dana PKH", Program Keluarga Harapan 2016 sebesar 1,2 juta rupiah dalam setahun yang rencananya akan dicairkan dalam 4 tahap per triwulan.

Adapun aturan untuk penerimaan bantuan uang PKH 1,2 juta untuk ibu hamil diberikan sebesar 450 ribu rupiah kepada orang tua yang mempunyai anak SD, 750 ribu untuk anak SMP dan 1 juta rupiah dibagikan kepada ibu yang memiliki anak SMU atau sederajat.

Menurut bapak Khofifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial, saat menjelaskan di selang wisuda Universitas Darul Ulum, Jombang. Program Conditional Cash Transfer (CCT) ini sudah mengalami peningkatan signifikan dari jumlah penerima bantuan 2,5 juta orang menjadi 6 juta orang. Dirinya berkata, semoga di bulan maret ini dana bantuan untuk para Ibu hamil segera dapat dicairkan.

'Sekarang ini yang sudah terealisasi sebanyak 3,5 juta orang, sehingga jika ditambah 2,5 juta, ada 6 juta penerima PKH pada 2016. Insya Allah, Maret mulai cair dananya," ungkap Khofifah.

Tambahan tersebut berasal dari data orang dengan kecacatan berat (ODKB) yang berjumlah sekitar 163.000 di seluruh Indonesia. Selain itu, juga terdapat penerima bantuan dari lansia/orang tua lanjut usia yang sudah berusia 70 tahun ke atas, dan dipastikan  berada dalam kondisi ekonomi kurang mampu. Sehingga pemberian bantuan diharapkan tidak salah sasaran target.
Bantuan PKH 1,2 juta
Photo: Copyright themotherbabycenter.org
Menteri Sosial juga menambahkan, secara total anggaran untuk PKH 2016 adalah Rp 3,15 triliun yang diberikan untuk seluruh penerima PKH di Indonesia.

Di Jawa Timur sendiri, anggaran tersebut akan dialokasikan sebesar Rp 1,1 triliun untuk PKH tahap pertama ini. Dana PKH tersebut dapat diambil di kantor pos terdekat yang berada didekat tempat tinggal masing-masing, sesuai dengan waktu pengambilan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Politikus PKB ini juga meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi penyimpangan nantinya. Sebab, bantuan tersebut diberikan kepada penerima langsung. 

Program KIP diberikan kepada siswa SD, SMP dan SMA dengan pencairan empat kali dalam setahun, sehingga tidak hanya ibu-ibu sehat tapi anak-anak mereka diharapkan bisa lebih pintar di masa depan.

Lain halnya dengan Presiden Joko Widodo yang menanggapi bantuan uang PKH 1,2 juta untuk ibu hamil. Bapak Jokowi berpesan agar para penerima bantuan dana dapat menggunakan uangnya untuk keperluan yang bermanfaat bukan dipakai untuk yang macam-macam seperti membeli rokok ataupun pulsa telepon. 

Beliau yang kebetulan berada dalam kesempatan itu juga, memberikan bantuan langsung secara cuma-cuma kepada masyarakat yang berhak menerima seperti beras sejahterah, bantuan kepada lansia, para penderita disabilitas serta dana PKH untuk ibu-ibu hamil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemerintah Berikan Bantuan PKH 1,2 juta untuk Ibu Hamil