Monday, February 29, 2016

Spesifikasi LG G5, Sang Pesaing Berat Galaxy S7

Dua pabrikan kenamaan dari Korea Selatan, LG dan Samsung, banyak mengisi berita-berita hangat seputar Mobile World Congress dan pembahasan pasca acaranya. Jika Samsung adalah pemimpin pasar ponsel dengan volume penjualan tertinggi, maka LG adalah pesaing dengan taraf setara yang tidak boleh diremehkan sama sekali.

Pada acara MWC di Barcelona pekan lalu, muncul dua perangkat premium yang paling dinanti-nanti oleh publik, yakni Galaxy S7 dan G5. Khusus untuk G5, rancangan luar dalamnya mengusung perubahan radikal ketimbang pendahulunya. Berikut ini adalah ulasannya.

LG G5. Sumber: Phone Arena
LG G4 dikenal karena rangkanya yang terbuat dari campuran plastik dan kulit. Namun, G5 seluruhnya terbuat dari besi. Yang paling menjadi perhatian adalah konsep Modular Design yang diperkenalkan oleh LG. Konsep ini memungkinkan baterai dan lubang microSD dicabut dari bagian bawah ponsel hanya dengan sekali tombol. Mirip seperti membuka pemutar DVD pada desktop dan laptop.

Layarnya memiliki lebar 5,3 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel (Quad HD) yang masih setara dengan pendahulunya. Namun, teknologi IPS dalam G5 jauh lebih baik, karena mampu mereproduksi warna dengan keakuratan dan saturasi mendekati AMOLED.

Di bagian perangkat lunak, ada Android 6.0.1 Marshmallow dan desain antarmuka yang khas. Uniknya, LG menghapus lemari aplikasi sehingga hanya menampilkan aplikasi pada layar utama.

Sedangkan di bagian dapur pacu, ada prosesor Qualcomm Snapdragon 820 empat inti yang dipadukan dengan RAM LPDDR4 4GB, dan GPU Adreno 530. Kapasitas internalnya memiliki besar 32GB, dan dapat diperluas dengan microSD pada Modular Design-nya. Cukup dengan sekali tekan, maka pengguna akan langsung bisa mengakses lubangnya.

Sedangkan untuk urusan fotografi, LG G5 mengusung konsep serupa LG V10, dimana dua kamera diletakkan secara bersamaan. Di bagian belakang ada dua lensa dengan resolusi masing-masing 16 dan 8 megapiksel. 

LG menyematkan dua kamera secara sekaligus, untuk memudahkan mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih lebar. Kamera depannya hanya memiliki satu lensa beresolusi 8 MP. 

Berdasarkan perkiraan pengamat, LG G5 akan dijual di rentang harga $650-$700 atau sekitar 8,6-9,3 juta rupiah. harga ini relatif setara dengan yang ditawarkan oleh pesaingnya seperti Samsung Galaxy S7 dan Xperia Z5.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi LG G5, Sang Pesaing Berat Galaxy S7