Review Spesifikasi Oppo A30, Pesaing Langsung OnePlus X

Oppo China baru saja memamerkan perangkat terbaru mereka, Oppo A30 dalam situs web resmi sang perusahaan. Memang, secara resmi Oppo tidak memberitahukan ketersediaan dan harganya, namun kami sudah mendapat bocorannya di bawah ini.

Warna perangkat yang dipamerkan adalah putih. Saat ini, perangkat tersebut masih belum dijual di situs toko online resmi Oppo China maupun pihak ketiga.

Yang membuat perangkat ini menjadi buah bibir adalah rancangan dan spesifikasinya yang sama persis dengan OnePlus X. Hal ini membuat sebagian orang bertanya-tanya mengenai hubungan antara kedua pabrikan negeri tirai bambu tersebut.
Bocoran Oppo A30. Sumber: GizmoChina
Layar Oppo A30 memiliki lebar 5 inci dan resolusi Full HD 1080p. Untuk urusan prosesor, ada Qualcomm Snapdragon 800 empat ini dengan kecepatan 2,0 GHz. Sedangkan kartu pemrosesan grafisnya diambil dari Adreno 330.

RAM dan penyimpanan internalnya masing-masing terhitung di angka 3 dan 16GB. Penyimpanan interal ini dapat diperluas dengan bantuan kartu microSD hingga 128GB. Sistem operasi perangkatnya menjalankan Android 5.1.1 Lollipop.

Untuk urusan fotografi, Oppo A30 menyematkan kamera belakang 13 megapiksel dengan lampu kilat LED dan bukaan f/2.2. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 megapiksel.

Perangkat ini ditenagai oleh baterai dengan kapasitas 2525 mAh. Konektivitas yang disematkan oleh Oppo diantaranya adalah 4G LTE, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 4.0, GPS, GLONASS, dan lainnya.

Berdasarkan bocoran dari situs teknologi Tiongkok, tampak beberapa gambar perangkat yang secara kasat mata terlihat meniru desain OnePlus X. Faktanya, pendiri OnePlus sebenarnya adalah mantan CEO Oppo, jadi ada kemungkinan kedua perusahaan sebenarnya punya hubungan khusus.

Meski belum diberitahukan secara resmi, namun Oppo A30 diperkirakan akan ditawarkan dengan harga 1999 yuan (4,1 juta rupiah). OnePlus X sendiri ditawarkan mulai dari 1949 yuan (4 juta rupiah pas).
...