Review Ponsel Microsoft Lumia 650, Perangkat Windows 10 Mobile Terbaru

Microsoft pada hari Senin (15/2) baru saja meluncurkan perangkat Windows 10 Mobile terbaru mereka, yakni Lumia 650. Perangkat ini diberi harga $199 (2,6 juta rupiah) sebelum pajak dan subsidi di masing-masing negara. Ponsel tersebut akan mulai dijual di beberapa pasar di Eropa pada hari Kamis mendatang.

Namun, untuk saat ini, ponsel tersebut belum muncul dalam situs resmi Microsoft Indonesia, yang masih menampilkan Lumia 950 sebagai perangkat terbarunya. Namun, berdasarkan informasi dari beberapa negara berkembang di Asia seperti India, kemungkinan Indonesia akan mendapat varian Dual SIM dari perangkat ini.
Microsoft Lumia 650. Sumber: NDTV
Pabrikan asal Redmont, Washington tersebut menegaskan bahwa Lumia 650 adalah perangkat yang menawarkan “keseimbangan sempurna antara kebutuhan kerja dan pribadi.”

Seperti halnya perangkat Windows 10 lainnya, Lumia 650 mengusung paket aplikasi produktivitas ala Microsoft, seperti Office untuk membuat dan menyunting dokumen, OneDrive untuk penyimpanan awan, dan Cortana, asisten pribadi Microsoft.

Microsoft menambahkan bahwa Lumia 650 cocok untuk dimasukkan ke dalam perusahaan karena memiliki dukungan terintegrasi untuk aplikasi bisnis Microsoft. Pihak perusahaan mengatakan bahwa Lumia 650 akan memungkinkan departemen IT perusahaan untuk “mengujicoba pembaruan Windows 10 Mobile termutakhir terhadap lini sistem dan aplikasi bisnis perusahaan, sebelum disalurkan kepada pengguna awam via MDM.”

Untuk urusan spesifikasi, Microsoft Lumia 650 mengusung Windows 10 Mobile dan layar 5 inci Amoled ClearBlack beresolusi HD (1280x720 piksel). Kepadatan pikselnya terhitung di angka 297 ppi. Prosesornya didatangkan dari Qualcomm, yakni Snapdragon 212 dengan kecepatan 1,3 GHz. Adapun kapasitas RAM dalam Lumia 650 memiliki besar 1GB. Penyimpanan internalnya terhitung di angka 16GB yang dapat diperluas via microSD hingga 200GB.

Ponsel ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 2000 mAh dan mendukung lubang nano SIM. Secara internal, tidak ada perbedaan antara Lumia 650 dan varian Dual SIM-nya, kecuali tambahan lubang SIM yang dimaksud.


Lumia 650 memiliki kamera belakang 8 megapiksel dengan fitur autofokus dan lampu kilat LED. Sedangkan di bagian depan ada kamera 5 megapiksel.
...