Review Alcatel Idol Pro 4, Ponsel Premium Windows 10 Mobile

Setelah meluncurkan Lumia 950 dan 950 XL sebagai perangkat primadona Windows 10 Mobile, Microsoft pun menggandeng pabrikan lain untuk menciptakan model buatan mereka sendiri, dengan menargetkan pasar papan atas. Beberapa diantaranya adalah Acer Liquid Jade Primo dan Vaio Phone Biz. Kemungkinan besar, dua unit ponsel buatan pabrikan AS dan Prancis-Tiongkok, yakni HP Elite x3 dan Alcatel OneTouch Idol Pro 4 juga akan masuk ke dalam jajaran Windows 10 Mobile terbaru.

Lini produk Idol 4 milik Alcatel memang merujuk kepada perangkat Android kelas menengah ke atas. Namun mengapa kali ini mereka menargetkan kelas premium? Jawabannya ada pada kata “Pro” yang disematkan dalam perangkat tersebut. Versi “Pro” ini akan mengusung sistem operasi Windows 10 Mobile dan mengganti prosesor Snapdragon 617 dengan 820 termutakhir buatan Qualcomm.
Perangkat Windows 10 Mobile buatan Alcatel OneTouch. Sumber: GSM Arena
Prosesor ini serupa dengan sistem yang akan ditanam pada perangkat LG G5 dan Samsung Galaxy S7 (di beberapa negara). Faktanya, di kuartal pertama 2016 ini, hampir seluruh pabrikan Android menyematkan Snapdragon 820 ke dalam perangkat premium mereka.

Selain mengusung Snapdragon 820, Alcatel Idol Pro 4 juga akan disokong dengan Windows Continuum yang memungkinkan perangkat Anda diubah menjadi otak komputer desktop, serta aksesoris perangkat Display Dock PC yang dapat menghubungkan antara ponsel Windows 10 dengan monitor, untuk berubah menjadi mode desktop. Kedua fitur diatas tidak akan mampu dijamah oleh perangkat Android dengan prosesor serupa.


Kemungkinan besar resolusinya akan mengusung Full HD (1920 x 1080 piksel) namun belum dapat dipastikan.
...