Wednesday, February 3, 2016

MUI Tetapkan Gafatar Sebagai Ajaran Sesat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa yang menyatakan bahwa Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) adalah sesat, karena menyebarkan paham ajaran agama yang menyimpang. MUI juga menyerukan agar masyarakat menyikapi isu Gafatar dengan kepala dingin dan tidak main hakim sendiri.

Menurut temuan yang berhasil didapatkan oleh MUI, majelis fatwa menyimpulkan bahwa Gafatar sebenarnya adalah bentuk lain dari Al Qidayah al-Islamiyah yang pernah berkembang di Indonesia dan sudah dicap sesat oleh MUI.

“Gafatar punya ideologi ajaran yang bercampur dimana gerakannya menyatukan ajaran Islam, Kristen, dan Yahudi sekaligus, yang menurut MUI sudah masuk ke ranah sinkretisme,” ujar Ketua MUI Pusat, Ma’aruf Amin dalam sebuah konferensi pers hari Rabu (3/2).
Ketua MUI Ma'aruf Amin (kanan) ditemani ketua majelis fatwa MUI, Hasanuddin AF. Sumber: Antaranews
Menurut Ma’aruf, mereka yang menjadi pengikut Gafatar yang mengikuti ajaran organisasi tersebut sudah masuk ke dalam golongan murtad menurut ajaran Islam, dan karenanya harus bertobat jika mereka masih menyebut diri sebagai Muslim.

Sementara bagi mantan anggota yang pernah terlibat dalam Gafatar namun tidak mengikuti ajarannya, maka disarankan untuk segera menjauh dari segala keterlibatan di dalam kelompok tersebut dan pulang kembali ke keluarganya.

Ma’aruf juga menekankan peran pemerintah yang dinilai harus membantu mereka serta membuat langkah-langkah anti diskriminasi serta kekerasan, seperti yang pernah didapatkan oleh anggota Gafatar ketika mendirikan perkampungan di Mempawah, Kalimantan Barat.

Sementara itu, ketua majelis fatwa MUI, Hasanuddin AF menyerukan umat muslim di seluruh Indonesia untuk tidak main hakim sendiri ataupun melakukan tindakan diskriminasi terhadap mantan anggota Gafatar.


“Jangan mengambil alih harta dan kekayaan mantan anggota Gafatar tersebut,” kata Hasanuddin, sembari menambahkan bahwa masyarakat harus mau menerima mantan anggota yang ingin kembali pulang ke keluarganya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MUI Tetapkan Gafatar Sebagai Ajaran Sesat