Thursday, February 25, 2016

Mensos: Indonesia Bebas Kawasan Prostitusi 2019

Penutupan kawasan prostitusi dan hiburan malam di Kalijodo, Jakarta Utara hanyalah salah satu dari sekian langkah yang akan dijalankan oleh pemerintah untuk memuluskan ambisi mereka untuk menutup 189 kawasan serupa yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemerintah pun menargetkan Indonesia akan terbebas dari kawasan prostitusi per tahun 2019 mendatang.

“Pemerintah sudah menutup 68 kawasan prostitusi, dimana 100 lagi diperkirakan akan ditutup dalam tiga tahun ke depan,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Khofifah juga menyebut bahwa keputusan tersebut sudah diambil dalam rapat menteri nasional, Januari silam.
Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Panti Sosial Karya Wanita Mulya Jaya, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Sumber: Liputan 6
“Kementerian Sosial sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menutup tempat-tempat prostitusi,” kata Khofifah. “Mojokerto sudah bersiap untuk menutup satu-satunya kawasan prostitusi yang tersisa di Jawa Timur.” Mensos juga menambahkan bahwa Gubernur Kalimantan Timur sudah mengirim surat kepadanya untuk menginformasikan bahwa kawasan prostitusi di Kaltim sudah dibongkar habis.

Berkaitan dengan penggusuran Kalijodo, Kementerian Sosial sudah menawarkan kursus kepada mantan pekerja seks komersial, demi mendapatkan pekerjaan yang lebih baik nantinya. Kursus ini akan membekali mereka dengan beberapa keahlian khusus seperti potong rambut, menjahit, dan sebagainya.

Pekerja yang terutama berasal dari luar Jakarta akan dilatih langsung di Panti Sosial Karya Wanita Mulya Jaya, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Panti tersebut terbuka untuk seluruh mantan pekerja seks komersial yang berasal dari luar Jakarta. Kami akan mendaftarkan mereka setibanya disini,” kata Khofifah. Namun, tanggung jawab pengiriman mantan PSK akan diserahkan kepada Pemda DKI.


“Kami juga terus berkoordinasi dengan Pemda DKI Jakarta mengenai penutupan Kalijodo,” kata Khofifah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mensos: Indonesia Bebas Kawasan Prostitusi 2019