Tuesday, February 16, 2016

Menkopolhukam: Kaum LGBT Harus Dilindungi Namun Perlu Disembuhkan

Polemik kaum homoseksual yang lebih dikenal luas dengan istilah kelompok lesbian, gay, biseksual, dan transeksual (LGBT) semakin meluas. Kali ini, Menkopolhukam, Luhut Pandjaitan mengungkapkan pendapatnya secara publik.

Luhut pada hari Senin kemarin menyerukan agar semua pihak tetap melindungi hak-hak dasar bagi kaum LGBT sebagai warga negara.

“Ya, saya setuju kalau secara agama itu dilarang, namun bagi saya itu adalah sebuah hak,” kata Luhut di sela-sela pertemuan antara pihak pemerintah dengan Komisi I dan III DPR.
Demonstran aksi pendukung LGBT di Jakarta. Sumber: Okezone
Seperti dikutip oleh Kompas, Luhut mengatakan kondisi homoseksual adalah sebuah penyakit yang meliputi gangguan kromosom dan kaum LGBT harus disembuhkan.

Sebelumnya, Luhut menyesalkan adanya tindakan diskriminasi dan kekerasan yang dilakukan terhadap kaum LGBT dan menyerukan kepada masyarakat untuk berhenti berprasangka buruk.

Sementara itu, anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsy mengatakan bahwa kaum LGBT akan membawa masalah di masyarakat. Iapun menyerukan agar pemerintah mengambil langkah tegas terhadap isu tersebut.

“Apa langkah yang akan diambil oleh Indonesia? Akan sangat buruk bila (isu LGBT) ini diabaikan,” katanya.

Sementara itu, ahli jaringan dari Rumah Sakit Mayapada, Roslan Yuni Hasan menolak pernyataan dari Menkopolhukam.  Ia mengatakan bahwa LGBT bukanlah penyakit dan tidak ada yang perlu disembuhkan.

“Kita terbiasa melihat (homoseksualitas) sebagai perbuatan tidak normal, namun kini sudah menjadi ‘variasi dalam hidup’. Dalam ilmu biologi, tidak ada yang namanya abnormalitas, cuma ada variasi,” katanya seperti dikutip oleh Kompas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menkopolhukam: Kaum LGBT Harus Dilindungi Namun Perlu Disembuhkan