Thursday, February 4, 2016

KPK Lega Kejaksaan Agung Cabut Tuntutan Terhadap Novel Baswedan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bahwa Jaksa Agung telah mencabut berkas acara pemeriksaan tuntutan yang dilayangkan di pengadilan untuk menuntut Novel Baswedan, seorang penyidik senior KPK yang pernah dituduh melakukan perlakuan tidak pantas terhadap seorang narapidana.

Kasus ini bermula pada tahun 2004 ketika Novel masih menjabat sebagai Kasatreskrim di sebuah Polres di Bengkulu.

“Novel Baswedan adalah aset berharga bagi KPK. Selama tiga hari kami melakukan pembicaraan disana-sini untuk menangguhkan kasusnya dan akhirnya kami bersyukur karena kemarin, Jaksa Agung memerintahkan pengembalian berita acara pemeriksaan Novel karena dianggap masih lemah,” kata Ketua KPK, Agus Rahardjo saat ditemui hari Rabu.
Novel Baswedan saat menemui penyidik Polri pada 10 Desember 2015. Sumber: Tempo
Novel pernah menjalani pemeriksaan pada 16 Februari 2015 di pengadilan tinggi Bengkulu atas tuduhan perlakuan kasar terhadap seorang tahanan pencuri dompet di Bengkulu pada tahun 2004. Satu tersangka diantaranya disebut meninggal karena kejadian tersebut.

“Kami menghargai keputusan kejaksaan. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak penegak hokum lainnya seperti kepolisian dan kejaksaan. Semoga kedepannya kami dapat melangkah lebih jauh secara harmonis,” kata Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif mengatakan bahwa KPK menghargai keputusan Kejaksaan Agung yang menangguhkan tuduhan terhadap Novel. Meski begitu, Laode masih belum tahu apakah berita acara pemeriksaan tersebut akan dikirim ulang ke pengadilan setelah Jaksa Umum dan penyidik kepolisian Bengkulu mempelajarinya kembali.


Polisi mulai menjerat Novel sejak kasus korupsi pengadaan alat simulator SIM yang melibatkan Irjen Joko Susilo, serta kasus “Cicak vs Buaya Jilid 2” yang melibatkan Komjen Budi Gunawan mencuat ke publik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : KPK Lega Kejaksaan Agung Cabut Tuntutan Terhadap Novel Baswedan