PKS: “Koalisi Merah Putih Masih Eksis”

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekaligus Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid membantah adanya rumor yang mengatakan bahwa Koalisi Merah Putih yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, dan PKS telah bubar.

Hidayat mengklaim bahwa koalisi yang pertama kali dibentuk pada kampanye pemilu presiden 2014 untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa ini akan tetap bertahan, meskipun beberapa partai anggotanya telah “membelot” ke kubu pemerintah, yakni Koalisi Indonesia Hebat (KIH).
Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid 
“Kami ingin menegaskan bahwa KMP masih eksis. PKS dan Gerindra masih ada di dalam koalisi ini,” ujar Hidayat saat ditemui di Jakarta pada hari Jumat, (5/2).

Ada beberapa partai yang sudah berpihak ke kubu pemerintah pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Diantaranya adalah Partai Amanat Nasional (PAN), dan Golongan Karya (Golkar) versi Agung Laksono (Munas Ancol) yang masih berkonflik. Selain itu, konflik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menyebabkan partai beraliran Islam ini berubah haluan untuk mendukung pemerintah.

Meski begitu, Hidayat menekankan bahwa Golkar dan PPP belum resmi meninggalkan KMP, karena sebenarnya masih ada konflik yang harus diselesaikan.

“Belum ada pernyataan yang dikeluarkan oleh kubu KMP, Aburizal Bakrie (Ketua Umum Golkar versi Munas Bali), serta PPP sendiri,” tambah Hidayat.

Hidayat menjelaskan bahwa pembubaran KMP hanya dapat terjadi jika seluruh elemen dalam koalisi secara resmi menyatakan mundur.


“Harusnya ada mechanism yang mengatur bagaimana cara KMP akan dibubarkan,” ujarnya. Iapun menegaskan bahwa keberadaan KMP sangat penting untuk menjaga keseimbangan demokrasi dalam percaturan politik Indonesia.
...