Thursday, February 4, 2016

Kini, Naik Uber Di Jakarta Bisa Bayar Tunai

Kini Anda tak perlu lagi mengandalkan kartu kredit ataupun voucher gratis untuk dapat menikmati layanan Uber di Indonesia. Ini karena perusahaan layanan transportasi taksi pribadi ini baru saja memperkenalkan sistem pembayaran tunai pada hari Rabu (3/2) kemarin.

Sistem pembayaran tunai ini telah diujicoba untuk warga Jakarta. Sebelumnya, Uber berniat untuk mempopulerkan sistem pembayaran cashless kepada penggunanya di ibukota, namun jauh dari harapan. Ini karena penetrasi kartu kredit yang masih rendah, bahkan diantara para warga metropolitan sekalipun.

Pengguna di Jakarta akan dapat melakukan pembayaran tunai dengan menekan “Cash” pada pilihan cara pembayaran. Kemudian, naik seperti biasa dan membayar uang tunai layaknya taksi dan angkutan umum pada umumnya.
Demonstrasi pemesanan kendaraan di aplikasi Uber. Sumber: selular.id
“Uang tunai masih menjadi opsi pembayaran yang dominan bagi jutaan orang Indonesia, terutama di kota-kota kecil,” ujar Mike Brown, Manajer Umum Uber untuk wilayah Asia Pasifik. “Penelitian ini benar-benar menarik bagi kami mengingat keberhasilan yang telah kami raih di pasar (negara) lain dan potensi pasar Indonesia.”

Sebenarnya, kota-kota lain seperti Bandung dan Bali sudah lebih dahulu menikmati layanan pembayaran tunai ini, dan mendapat respon positif. Tren ini serupa dengan pengguna di kota-kota Asia Tenggara lainnya, seperti Ho Chi Minh dan Manila yang lebih suka membayar secara tunai.


Sebelumnya, pesaing Uber, GrabCar, sudah lebih dahulu menerapkan pembayaran tunai bagi pengguna di ibukota. Langkah Uber yang mencoba untuk “memaksa” warga menggunakan sistem cashless pun akhirnya dianggap sebagai suatu ketertinggalan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kini, Naik Uber Di Jakarta Bisa Bayar Tunai