JK: Untuk Melakukan Penutupan, Ahok Harus Berbicara Dengan Warga Kalijodo

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta untuk menertibkan kawasan Kalijodo. Untuk itu JK menekankan agar Pemprov DKI tidak hanya memberantas, namun juga harus memperhatikan nasib warga di sana atau para pekerja yang selama ini mencari nafkah dari bisnis Kalijodo.


Menurut JK, karena berdiri di atas lahan negara, sudah semestinya Kalijodo dikembalikan sebagai ruang publik. JK juga meminta agar Pemprov DKI janji untuk membuka ruang publik di atas lahan Kalijodo segara direalisasikan setelah ditertibkan.

"Semua milik umum harus dipulihkan menjadi milik umum. Kalau Kalijodo adalah kawasan milik umum, yah kita pulihkan, agar bisa dinikmati bersama-sama. Dengan jadinya ruang publik, masyarakat dibangunkan rumah susun. Jakarta baru bisa tertib, baru bisa bebas banjir. Makanya itu rumah susun harus ada lahan tersedia untuk berbagai hal aktifitas masyarakat sekitar," kata Jusuf Kalla di Balaikota, Kamis (18/2/2016).

JK menyarankan untuk melakukan penutupan, Ahok harus berbicara dengan warga Kalijodo. "Selama ini Ahok melakukan penertiban Kalijodo dan mengubahnya menjadi area hijau itu sudah sangat tepat," ucap JK.

JK mengatakan bahwa lapangan (kawasan Kalijodo) tersebut adalah hak masyarakat untuk menikmatinya. Dengan itu, pemerintah harus bertindak benar dalam membebaskan lahan-lahan milik publik.
...