Inilah Spesifikasi Ponsel CAT S60, Ponsel Anti-Air Terkuat Di Dunia

Ponsel yang mengusung spesifikasi militer atau memiliki ketahanan dalam kondisi ekstrim memang tidak menelurkan banyak inovasi, padahal secara umum, spesifikasi ponsel premium pabrikan ponsel Android terus mengalami peningkatan dan penambahan fitur setiap tahunnya. CAT, perusahaan konstruksi ternama, mencoba menggebrak stigma tersebut dengan menawarkan tidak hanya fisik perangkat yang kokoh, namun juga spesifikasi internalnya yang ikut menggoda pengguna.

CAT S60, ponsel berukuran 4,7 inci ini mengusung inovasi terbaru berupa kamera panas terintegrasi buatan FLIR, lembaga thermal imaging terkemuka di dunia. Kamera pendeteksi panas memungkinkan pengguna CAT S60 untuk melihat situasi lingkungan sekitar meskipun tanpa adanya cahaya. Pengguna juga akan mampu melihat tempat yang terhalang asap tebal.
CAT S60. Sumber: Pocketnow
Fitur kamera panas tersebut sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang sering menjelajah dalam kondisi ekstrim, seperti para petualang, petugas SAR, dan pemadam kebakaran. Korban reruntuhan pun dapat dengan cepat dideteksi. Sirkuit listrik yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya pun dapat dikenali dan dicegah sebelum membuat kerusakan lebih lanjut.

Karena sifatnya yang militer, maka ponsel ini tidak mengandalkan hiburan sebagai daya tarik utamanya. Meski begitu, CAT S60 masih menyediakan kamera dengan resolusi sebesar 13 megapiksel bagi Anda yang gemar fotografi, lengkap dengan lampu kilat ganda. Karena sifatnya yang tahan air, kamera tersebut dapat diajak untuk berpetualang di bawah laut.

Hujan dan percikan air bukanlah masalah bagi ponsel ini, karena CAT S60 diklaim sebagai “ponsel paling tahan air sedunia,” yang mampu bertahan hingga kedalaman 5 meter. Jauh lebih dalam jika dibandingkan dengan sertifikasi IP67 tahan air yang banyak dipakai oleh Samsung dan Sony (1 meter). Fitur anti-retaknya malah melebihi standar militer, karena mampu bertahan dari ketinggian 1,8 meter tanpa mengalami kerusakan saat mendarat diatas lantai berbahan keras.

Spesifikasi internal CAT 60 mengusung prosesor Snapdragon 617 delapan inti, serta baterai 3800 mAh yang sudah “teroptimasi.” Adapun RAM-nya dipatok di angka 3GB, serta kapasitas penyimpanan internal di angka 32GB. Sistem operasinya sudah menjalankan Marshmallow. Jaringannya sudah mendukung 4G LTE.


Seperti perangkat militer pada umumnya, harga CAT S60 tergolong mahal, yakni sebesar $599 atau 8,1 juta rupiah. Perangkat ini akan mulai dijual pada Mei mendatang, namun sebelumnya akan dipamerkan untuk pertama kalinya pada pagelaran Mobile World Congress 2016 di Barcelona, pekan mendatang.
...