Inilah Smartphone Termurah Di Dunia, Seharga 93 Ribu Rupiah Buatan India

Lebih dari tujuh tahun silam, ponsel pintar dianggap sebagai barang mewah yang hanya dipakai oleh kalangan pebisnis dan eksekutif kantoran bergaji tinggi. Beberapa tahun belakangan, status tersebut menurun karena harganya semakin mudah dijangkau oleh masyarakat. Kini, smartphone akan menyentuh titik terendahnya dengan kehadiran perangkat di bawah ini.

Sebagai bagian dari upayanya untuk “menghubungkan setiap warga India ke internet,” pabrikan ponsel asal negeri Bollywood, Ringing Bells dengan didukung “bantuan besar” dari pemerintah India, akan meluncurkan ponsel murah yang diberi nama Freedom 251 mulai Rabu besok. Freedom 251 diplot sebagai ponsel termurah di India dan di seluruh dunia karena hanya dijual seharga 500 rupee atau sekitar $7 (93 ribu rupiah).
Pengguna ponsel di India. Sumber: IBTimes
Pihak perusahaan Ringing Bells mengatakan ponsel tersebut sejalan dengan visi Perdana Menteri India, Narendra Modi yang ingin menghubungkan setiap warga India dan memperkaya hidup mereka. Perusahaan tersebut juga menekankan bahwa perangkatnya juga diciptakan untuk menghidupkan kampanye “Make In India” yang ditujukan bagi investor asing dan lokal untuk beramai-ramai merakit produk mereka di India.

Tujuan dibalik Freedom 251 mengingatkan kita akan tablet Aakash alias Datawind Ubislate 7+, yang dipromosikan oleh pemerintah India sendiri untuk membekali mahasiswa di perguruan tinggi dengan perangkat komputer dan peramban web yang murah. Tablet tersebut diluncurkan pada tahun 2011 dengan harga 3000 rupee atau sekitar 390 ribu rupiah (kurs pada saat itu). Kini, harganya semakin dimurahkan menjadi 2500 rupee atau sekitar 480 ribu rupiah (kurs 2016).

Dengan menawarkan perangkat ponsel pintar dibawah harga 500 rupee atau 100 ribu rupiah, Freedom 251 memiliki potensi untuk mengubah gaya hidup masyarakat berpendapatan rendah di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Menarik untuk ditunggu apakah Ringing Bells selaku produsen mampu memproduksi perangkat ini dalam jumlah besar.

...