Thursday, February 4, 2016

Habibie Bangun Superblok Apartemen Senilai 1 Miliar Dollar Di Batam

Mantan Presiden RI BJ Habibie akan segera membangun kompleks properti seluas 9 hektar di Pulau Batam. Kompleks yang dinamakan Meisterstadt ini akan berniai lebih dari $1 miliar, dan dikembangankan oleh perusahaannya sendiri, yakni Pollux Habibie International.

Proyek apartemen ini terdiri dari 11 bangunan tempat tinggal tinggi, dan dilengkapi pula dengan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Pembangunannya akan dimulai pada pertengahan tahun ini, dengan menargetkan warga negeri Jiran seperti Singapura sebagai konsumen utamanya.

Komisioner Pollux Habibie International yang juga anak dari BJ Habibie sendiri, yakni Ilham Akbar Habibie mengatakan bahwa superblok apartemen Meisterstadt akan dibangun dalam empat tahap.
Promo Superblok Apartemen Meisterstadt, Batam. Sumber: meisterstadt.co
Ketika ditemui di Batam, Ilham mengatakan awalnya mereka berencana untuk membangun sebuah rumah sakit di superblok apartemen tersebut untuk memenuhi permintaan dalam wasiat mendiang Ainun Habibie. Pembangunan (rumah sakit) ini akan dilaksanakan pada tahap ketiga konstruksi superbloknya.

Acara peresmian yang diadakan pada hari Sabtu (30/1) dihadiri oleh Presiden Direktur Pollux Properties Indonesia, Muladi, yang menjadi tangan kanan Habibie saat menjabat Presiden RI. Selain itu, adapula Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Free Trade Zone (BPK FTZ) Batam, Mustofa Widjaja, serta walikota Batam, Ahamd Dahlan.

Ilham mengakui prospek bisnis properti di daerah Batam masih menjanjikan karena wilayahnya yang berseberangan dengan Singapura. Pengembang superblok ini mengaku berharap warga Singapura akan menjadi konsumen utama mereka.

“Singapura kini punya 5 juta penduduk dan terus tumbuh. Kami berharap bisa mendapat untung dari populasi Singapura yang begitu besar, terutama di sektor properti,” kata Ilham.


“Ini pernah terjadi di Hong Kong pada era 50-an, saat penduduknya semakin membludak, banyak warga yang memilih untuk pindah ke beberapa provinsi RRC di seputar Hong Kong. Situasi yang sama juga kini terlihat di Guangdong, dimana beberapa pelaku industri dan pengusaha Hong Kong memilih pindah kesana. Efek serupa akan terjadi pada Singapura dan Batam.”

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Habibie Bangun Superblok Apartemen Senilai 1 Miliar Dollar Di Batam