Bukan Hanya Penuh Khasiat, Namun Santan Bisa Gantikan Manfaat Susu

Tidak sedikit orang menghindari makanan yang mengandung santan karena takut kolesterol dalam darah melonjak atau kardiovaskular. Namun siapa sangka bahwa santan mampu menjadi meninuman pengganti susu yang menyehatkan.

Santan sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau protein susu. Karena santan mengandung vitamin C, B-6, Tiamin, niasan, asam folat, kaya akan zat besi, kalsium, seng, magnesium, dan fosfot.


Walaupun santan dapat menggantikan susu, tetapi santan tidak sama dengan susu sapi. Protein dan lemak dalam santan cukup tinggi seperti hal nya susu sapi. Namun susu sapi mengadung laktosa, akan tetapi santan tidak mengandung laktosa. Santan juga mengadung lemak nabati serta tidak mengandung kolesterol yang dapat merugikan tubuh.

Banyak manfaat di dalam kandungan santan, antara lain adalah santan mengandung asam laurat. Asam laurat ini dikenal sebagai zat antibakteri, anti jamur, dan juga anti virus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan menyembuhkan maag.

Lebih lanjut, dengan adanya vitamin E dan lemak yang ada didalam kandungan santan. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan keindahan rambut dan juga bisa melembabkan rambut Anda.

Jika anda menghindari santan berarti anda kehilangan kesempatan memperoleh yang terdapat didalam santan. Bukan hanya memberi banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan kita. Namun, santan juga merupakan minuman pengganti susu.

Walaupun begitu, anda juga tidak diharuskan untuk memakanan atau meminum yang mengandung santan setiap saat. Jika bisa, konsumsilah dengan jumlah yang wajar dan juga jangan sering-sering mengonsumsi santan yang dihangatkan secara berulang kali. Karena pemanasan tersebut dapat merusak nutrisi sehat santan dan meninggalkan lemak tak sehat.
...