Sunday, January 24, 2016

Yenny Wahid: Berani dan Tegas, Ahok Mirip Gus Dur

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapatkan sebuah penghargaan Gus Dur Award 2016 dalam kategori tokoh politik dan pemerintahan. Sifat pria yang akrab dengan sifat ceplas-ceplosnya, Ahok ini mengingatkan kita kepada sosok Abudurrahman Wahid atau Gus Dur.

Menurut Yenny Wahid, putri Gus Dur, pemberian penghargaan tersebut karena Ahok dinilai dengan keberaniannya untuk mengungkap isi hatinya dan Ahok juga mempunyai pikiran secara lugas. Yenny juga menggangap Ahok sebagai penerus Gus Dur, karena Ahok mempunyai ketegasan dalam menerapkan aturan, serta meminimalisir korupsi di wilayah Pemprov DKI.


Menurut Yenny, sikap tegas terhadap peraturan yang dimiliki Ahok mengingatkat kepada sang ayahanda. "Dia pemberani, berani berkonsekueni, dia politikus antikorupsi demi memberikan pelayan publik. Dia juga tegas untuk menegakkan konstitusi, tegas menegakkan aturan sama seperi ayahku, Gus Dur," kata Yenny.

Namun, Yenny meminta Ahok tidak terlalu banyak memberikan pernyataan keras saat wawancara dengan media. Yenny juga mengingatkan untuk Ahok agar dapat mengerem perkataannya, sebab Ahok bukanlah Gus Dur. 

"Walaupun banyak ngomong (ceplas-ceplos), sayangnya dia bukanlah Gus Dur. Kita harus ingetin untuk ngerem sedikit, harus hati-hati. Cobalah lebih mengontrol statementnya agar tidak digunakan sebagai senjata oleh 'lawan'nya," ungkap Yenny.

Bukan hanya Ahok saja yang mendapat penghargaan serupa, namun sejumlah tokoh seperti tokoh ulama KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus yang mendapat penghargaan dalam kategori tokoh agama. Dan Suntanti atau Tanto Mendut dapat penghargaan dalam kategori tokoh budaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Yenny Wahid: Berani dan Tegas, Ahok Mirip Gus Dur