Ancaman Teror Malam Tahun Baru di Jerman

Kelompok separatis ISIS kembali berencana untuk melakukan aksi teror di Eropa. Kini giliran Jerman yang menjadi incaran ISIS dalam aksi terornya, tepatnya di malam pergantian tahun. Menurut polisi Jerman, ada 4 hingga 5 anggota ISIS yang akan melakukan aksi teror malam tahun baru di Munich, Jerman.

Dalam keterangan pers yang disampaikan pihak kepolisian Jerman, kelompok yang dikomandoi oleh ISIS tersebut akan melakukan aksi terror dengan cara meledakkan bom bunuh diri. Lokasi yang diincar adalah tempat-tempat keramaian yang akan mengadakan perayaan pesta malam tahun baru.

Kepolisian Jerman sendiri telah melakukan upaya pencegahan dengan mengevakuasi orang-orang yang berada di tempat yang akan dijadikan ISIS melakukan aksi teror. Sebanyak 550 personel polisi disiapkan untuk menangani masalah ini, khususnya mengejar para pelaku.
 Teror Malam Tahun Baru di Jerman
Photo: Copyright nbcnews.com
Sebelumnya, pemerintah Jerman sudah mengingatkan warganya untuk menjauh dari lokasi stasiun kereta di pusat kota Munich. Hal itu dilakukan menyusul adanya kabar bahwa para teroris mengincar sarana umum sebagai lokasi aksi bom bunuh diri.

Ratusan orang dievakuasi untuk menjauh dari area stasiun kereta. Area umum yang banyak terdapat warga juga dijaga dengan sangat ketat oleh kepolisian Jerman. Hingga pesta malam tahun baru di Jerman berakhir, tidak ada insiden serius terkait bom bunuh diri.

Terkait adanya ancaman bom bunuh diri yang akan dilakukan di area transportasi publik, terjadi penundaan keberangkatan dari kereta-kereta di kota Munich, Jerman. Kawasan stasiun kereta benar-benar disterilkan hingga sudah aman dan terkendali.

Meski sudah diingatkan akan adanya ancaman serangan teroris berupa bom bunuh diri, ribuan warga Munich Jerman tetap berbondong-bondong menyerbu pusat keramaian untuk merayakan malam pergantian tahun dengan menikmati pemandangan kembang api.
Munich evacuates stations
Photo: Copyright dailymail.co.uk
Selain di Jerman, beberapa Negara lain juga meningkatkan pengamanan jelang malam pergantian tahun baru, seperti Belgia, Perancis, Inggris dan Russia. Ancaman teroris ISIS memang menjadi perhatian khusus bagi beberapa negara di kawasan Eropa, sejak peristiwa serangan teroris yang dilakukan di kota Paris, Perancis, beberapa waktu lalu.

Sejak peristiwa Paris berdarah, pemerintah di beberapa Negara Eropa meningkatkan kewaspadaannya. Peristiwa Paris berdarah yang menewaskan ratusan orang tersebut didalangi oleh kelompok teroris ISIS. Serangan bom dan penembakan tersebut menjadi perhatian publik dunia.

...