Wednesday, January 27, 2016

Telkom Resmi Blokir Akses Netflix Dari Jaringannya

Telkom Indonesia resmi memblokir akses Netflix dari seluruh layanannya pada hari Rabu (27/1) tengah malam dengan tuduhan tidak memiliki izin dan konten dewasa.

Layanan streaming video yang menawarkan akses untuk menonton film dan serial televisi ini telah diblokir di seluruh layanan Telkom, seperti IndiHome, Wifi.id, dan Telkomsel, demikian disampaikan oleh direktur konsumen Telkom, Dian Rachmawan.

“Kami memblokir Netflix mulai Januari 27 tengah malam. Masalahnya adalah soal izin. Mereka tidak ikut aturan. Mereka juga mempertontonkan kekerasan dan konten dewasa,” ujar Dian pada hari Rabu ketika ditemui di kantor Telkom pusat di Jakarta.

Seorang pengguna yang kecewa mendapati akses Netflix diblokir oleh pihak ISP Telkom. Sumber: Tempo
Netflix harusnya bekerjasama dengan penyedia layanan internet di Indonesia, seperti IndiHome, ujar Dian. Dengan bekerjasama dengan penyedia internet lokal, konten Netflix dapat disaring secara tepat untuk mengikuti ketentuan penyiaran di Indonesia.

Ia mengutip kerjasama Netflix yang telah digagas dengan Singtel di Singapura dan Telecom di Italia. Tanpa adanya kerjasama demikian, situasinya akan menjadi sama seperti Vietnam yang juga berencana untuk memblokir Netflix.

“Kami harus memblokirnya secepat mungkin, sebelum segala sesuatunya menjadi rumit dan menimbulkan masalah yang lebih besar,” ujar Dian. Ia juga menjelaskan bahwa langkah ini tidak akan mempengaruhi bisnis Telkom mengingat pengguna Netflix di Indonesia yang masih kecil.

Sebelumnya, Telkom pernah mengutarakan niatnya untuk bekerjasama dengan Netflix. Ini karena sebagian besar pelanggan Netflix adalah pengguna layanan internet rumahan mengingat paket data ponsel yang begitu mahal di Indonesia dan konsumsi data video Netflix yang mencapai 1GB per jamnya.


Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memberi Netflix kebebasan berpromosi bagi Netflix di Indonesia hingga 7 Februari mendatang. Setelahnya, Menkominfo meminta perusahaan yang berbasis di AS ini untuk memenuhi ketentuan, seperti mendirikan badan hukum atau bekerjasama dengan penyedia layanan internet di Indonesia. Selain itu, Netflix diwajibkan untuk memiliki lisensi dari kementerian demi melegalkan statusnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Telkom Resmi Blokir Akses Netflix Dari Jaringannya