Friday, January 22, 2016

Siaga Terorisme, Pihak Imigrasi Perketat Pengawasan

Kantor imigrasi di seluruh wilayah Indonesia telah memperketat pengawasan mereka terhadap potensi pelaku terorisme. Demikian disampaikan oleh juru bicara Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Heru Santoso Ananta Yudha dalam sebuah pertemuan dengan awak media.

Heru mengatakan pihaknya kini telah meningkatkan koordinasi antar setiap kantor administrasi pengurusan warga asing di seluruh penjuru Indonesia. “Koordinasi antara institusi terkait sudah ditingkatkan dari level sebelumnya,” ujar Heru.

Koordinasi ini dilakukan sebagai bentuk respon atas serangan bom Sarinah di Jakarta Pusat yang terjadi pada Kamis, 14 Januari silam. Serangan ini menewaskan delapan orang dan melukai lebih dari 20 lainnya.

Layanan imigrasi di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara. Sumber: Kompas
Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F Sompie mengatakan bahwa setiap kantor di tingkat kabupaten/kota telah membentuk tim pengurusan warga asing, yang tersusun atas perwakilan dari kementerian terkait dan lembaga-lembaga yang ditugaskan untuk melakukan pengawasan.

“Kekuatan kami terletak di dalam kerjasama untuk menjaga kedaulatan negara tetap aman,” kata Ronny.

Dirjen Imigrasi juga menyebutkan bahwa sistem manajemen informasi imigrasi online yang menghubungkan setiap kantor imigrasi di Indonesia telah memungkinkan pihaknya untuk berkomunikasi secara cepat.

Sistem ini mempermudah kami untuk memeriksa warga negara Indonesia dan juga warga negara asing yang bepergian dari dan keluar negeri, kata Ronny.

Jika ada WNI yang dipulangkan, pihak imigrasi bersama dengan Polri dan Densus 88 anti teror siap melakukan investigasi pada saat kedatangannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Siaga Terorisme, Pihak Imigrasi Perketat Pengawasan