Friday, January 29, 2016

Setya Novanto Dicalonkan Menjadi Ketua Umum Partai Golkar

Ketua DPR Ade Komarudin dan Setya Novanto disebut-sebut akan bersaing dalam pemilihan Ketua Umum Partai Golkar untuk menggantikan Aburizal Bakrie. Pencalonan keduanya telah diumumkan pada hari Rabu (27/1) di Jakarta oleh Bambang Soesatyo. Langkah ini diumumkan setelah pernyataan sikap kubu Aburizal Bakrie yang bersikeras menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Bambang juga mengatakan sekretaris jenderal Golkar, Idrus Marham berpotensi menjadi calon ketiga. “Ketiga nama ini nantinya mungkin akan bersaing satu sama lain,” ujar Bambang yang ditemui di Gedung DPR, Senayan. Meski begitu, Bambang yang menjadi pendukung kubu Aburizal mengatakan bahwa Ade Komarudin adalah kandidat terkuat saat ini.

Ade Komarudin menggantikan Setya Novanto yang turun 16 Desember 2015 dari jabatan ketua DPR setelah tersandung kasus “Papa Minta Saham” yang membuatnya harus berurusan dengan Dewan Kehormatan DPR atas dugaan pelanggaran kode etik.
Ade Komarudin dan Setya Novanto berjabat tangan tanda menyerahkan kepemimpinan DPR. Sumber: Wartakota
Kasus Setya mencuat setelah Menteri ESDM Sudirman Said melaporkannya ke dewan kehormatan DPR karena secara sepihak mengklaim telah mendapat persetujuan dari Jokowi untuk membantu PT Freeport memperpanjang kontrak karyanya di Papua, dengan imbalan berupa pembagian saham. Sudirman Said juga ikut membocorkan potongan percakapan antara Presdir Freeport Maroef Sjamsoeddin (sudah mundur), Setya Novanto, dan dirinya.

Sementara itu Ade Komarudin yang ditemui secara terpisah menolak mengomentari informasi yang disampaikan oleh Bambang Soesatyo. Menurut Ade, yang terpenting saat ini adalah fokus pada Munaslub untuk menyatukan seluruh elemen Golkar yang kini terpecah dalam dua kubu.

“Lebih baik fokus untuk mengembalikan Golkar menjadi satu. Masalah ketua umum itu hal gampang,” kata Ade dalam sebuah konferensi pers.

Salah satu target kongres pimpinan Golkar yang digelar di Jakarta adalah untuk mengadakan Munaslub yang telah mendapat dukungan dari tokoh senior partai pohon beringin seperti Jusuf Kalla, B.J. Habibie, dan Akbar Tanjung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Setya Novanto Dicalonkan Menjadi Ketua Umum Partai Golkar