Friday, January 29, 2016

Perdana Menteri Australia Adakan Voting Untuk Mengesahkan Perkawinan Sejenis

Perdana Menteri Australia secara pribadi menjamin bahwa pemerintahannya akan mengesahkan perkawinan sesama jenis jika mayoritas warga Australia memilih untuk melegalkan dalam voting terbuka.

Partai Pemerintah Australia yang berhaluan tengah-ke-kanan sebelumnya pernah berjanji akan membuat plebisit, yakni semacam aturan yang tidak memiliki kekuatan hukum untuk melegalkan pernikahan sesama jenis jika partai mereka terpilih kembali dalam pemilu tahun ini.

Namun sejumlah anggota parlemen partai pemerintah yang berhaluan konservatif mengatakan bahwa mereka akan menolak pengesahan pernikahan sesama jenis yang kini banyak didukung oleh sebagian besar warga Australia.
Ilustrasi. Sumber: The Blaze
Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull mengatakan dirinya mendukung pengesahan pernikahan bagi kaum gay dan akan “tunduk sepenuhnya” pada hasil plebisit yang akan dijadikan voting dalam beberapa waktu ke depan.

“Jika mayoritas warga memilih plebisit tersebut untuk menyetujui hal ini, maka pernikahan sesama jenis akan dilegalkan,” kata Turnbull dalam wawancara dengan Radio 3AW Melbourne hari Jumat, (29/1).

Partai oposisi yang berhaluan tengah-ke-kiri, Partai Buruh juga ikut mendukung pernikahan sesama jenis. Namun koalisi partai pemerintah masih terpecah belah soal isu ini.

Pendahulu Malcolm Turnbull, Tony Abbott yang adalah seorang Katolik secara terang-terangan menolak pernikahan sesama jenis. Tahun lalu Abbott mengatakan bahwa voting untuk mengadakan plebisit akan dilakukan setelah pemilu berikutnya untuk menghindari konflik politik diantara anggota parlemen.

Namun pihak oposisi kurang setuju dengan sistem plebisit karena aturan ini sama sekali tidak memiliki kekuatan hukum, padahal anggaran untuk mengadakan votingnya akan memakan biaya sekitar 160 juta dollar Australia (1,5 triliun rupiah).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perdana Menteri Australia Adakan Voting Untuk Mengesahkan Perkawinan Sejenis