Tuesday, January 26, 2016

Cabut Kekuasaan Ratu Elizabeth II, Pemimpin Australia Serukan Pembentukan Negara Republik

Tujuh dari delapan gubernur negara bagian Australia menyerukan undang-undang yang akan mencabut kekuasaan monarki Inggris dari negara Australia dan segera membentuk pemerintahan republik.

Para pemimpin dari seluruh teritori di benua Australia mendesak agar negeri Kanguru segera mengangkat kepala negara sendiri untuk menggantikan bangsawan dari London yang selama ini meminta pertanggungjawaban kepada Canberra. Ketujuh gubernur tersebut berencana agar deklarasi Republik Australia ditetapkan pada Hari Australia yang bertepatan dengan peringatan awal pemukiman Inggris di benua tersebut.

Australia secara politik masih merupakan monarki konstitusional, dimana Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya. Meski peran raja/ratu Inggris di Australia selama ini hanya bersifat seremonial, namun secara hukum, pemimpin monarki Britania memiliki wewenang untuk menggulingkan parlemen Australia.

Ratu Elizabeth II. Sumber: Associated Press
“Harusnya sudah dari dahulu Australia menjadi bangsa yang berdaulat,” ujar Gubernur Australia Selatan, Jay Weatherill, yang ikut menandatangani deklarasi tersebut. “Setiap negara merdeka yang menghormati kedaulatannya sendiri pastinya mau memilih salah satu warganya sebagai kepala negara.”

Gubernur Australia Barat, Colin Barnett, satu-satunya gubernur yang tidak menandatangani deklarasi tersebut mengaku dirinya juga mendukung Republik Australia namun merasa “waktunya belum tepat.”

Perdana Menteri Malcolm Turnbull yang menjadi ketua Gerakan Republik Australia pada era 90-an juga mendukung deklarasi tersebut.


“Komitmen saya untuk menjadikan Australia memiliki kepala negaranya sendiri tidak akan berubah,” ujar Turnbull dalam sebuah pernyataan. Sebelumnya Turnbull mengatakan isu ini bukanlah prioritas pemerintah Australia saat ini dan pernah menolak adanya voting nasional untuk “menjatuhkan” Ratu Elizabeth II.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cabut Kekuasaan Ratu Elizabeth II, Pemimpin Australia Serukan Pembentukan Negara Republik