Saturday, January 30, 2016

Pemerintah Akan Berinvestasi Rp10 Triliun Untuk Bangun Borobudur

Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya mengatakan bahwa pemerintah akan “secara serius” mengembangkan candi Borobudur yang merupakan situs warisan sejarah arkeologi Buddha terbesar di dunia.

Menurut Arief, pemerintah akan membutuhkan investasi sebesar Rp20 triliun untuk menggenjot angka wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke candi Borobudur.

“Borobudur akan dirancang sebagai tujuan wisata bertaraf internasional,” kata Arief ketika ditemui di Magelang, Jumat (29/1).
Patung Buddha di Candi Borobudur. Sumber: Antaranews
Untuk itu, kata Menteri Pariwisata, pihaknya akan membangun bandara bertaraf internasional dan hotel kelas dunia sebagai sarana untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Borobudur.

Menurut Arief, pemerintah akan menyiapkan dana sebesar Rp10 triliun untuk membangun infrastruktur utama seperti  jalan raya, tenaga listrik, dan air bersih. Sementara sarana dan prasarana lain akan dipasok oleh investor asing dan lokal untuk membangun hotel dan yang lainnya.

Arief mengatakan Kementerian Pariwisata berharap angka wisatawan yang berkunjung akan meningkat seiring dipercantiknya fasilitas Borobudur. Ia memperkirakan angka wisatawan asing yang berkunjung akan naik menjadi 2 juta orang dibandingkan dengan saat ini yang masih berada di angka 250 hingga 300 ribu pengunjung per tahunnya.

“Dua juta wisatawan asing yang datang akan menyumbang devisa sekitar 2 miliar dollar dan membuat perputaran uang di sekitarnya akan meningkat menjadi 100 triliun rupiah,” tambah Arief.

Di saat yang bersamaan, jumlah wisatawan domestik akan digenjot menjadi 5 juta pengunjung per tahunnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemerintah Akan Berinvestasi Rp10 Triliun Untuk Bangun Borobudur