Friday, January 22, 2016

Pemda DKI Akan Naikkan Tarif Parkir Umum

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan Pemda DKI telah berencana untuk meningkatkan tarif parkir di luar badan jalan demi mengurangi angka pertumbuhan kendaraan pribadi di ibukota.

“Kebijakan ini bertujuan untuk menyerukan kepada warga supaya lebih memilih transportasi umum,” kata Andri seusai ditemui oleh Tempo di Balai Kota, Kamis (21/1).

Menurut Andri, kebijakan baru ini akan segera diterapkan jika transportasi umum di Jakarta sudah memenuhi prasyarat yang telah ditetapkan oleh Pemda DKI, termasuk diantaranya kapasitas Transjakarta yang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan warga ibukota.

Informasi tarif parkir di Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Sumber: Tribunnews
Banyaknya pengguna harian Transjakarta membuat pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama harus menyiapkan sekitar 2400 armada unit bus yang tersebar di seluruh penjuru ibukota, termasuk yang beredar di seluruh Jabodetabek untuk terintegrasi dengan Transjakarta.

“Salah satu persyaratanya adalah semua operator bus harus terintegrasi dengan Transjakarta,” ujar Andri. Syarat lainnya adalah penyelesaian fitur Terminal Parkir Elektronik (TPE) di tempat-tempat yang padat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI ini menjelaskan bahwa pihaknya akan terus menambah armada unit bus Transjakarta untuk memenuhi kebutuhan warga akan moda transportasi ini. Namun Andri belum menyebut kapan aturan (integrasi operator bus) tersebut akan mulai ditegakkan.

“Kebijakan ini tidak akan diterapkan dalam waktu dekat. Kapan? Saya tidak tahu. Namun yang penting adalah meningkatkan jumlah bus Transjakarta,” tangkas Andri kepada Tempo.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemda DKI Akan Naikkan Tarif Parkir Umum