Wednesday, January 6, 2016

Pablo Carlos Budassi Membuat Sebuah Peta Alam Semesta Dari Bumi Ke Galaksi Andromeda

Sebagai seorang pelajar atau pernah melalui masa pembelajaran, apakah kamu tau bagaimana bentuk atau isi alam semesta seperti ini? Mungkin 1 kali atau 2 kali kamu pernah melihat atau meyaksikannya. Entah itu dari buku pelajaran astronomi, di gambar-gambar, atau di film. Namun apa yang telah kamu lihat, pasti secara terpisah dan bukan secara seluruhnya.


Untuk lebih ingin mengetahuinya, Pablo Carlos Budassi yang berasal dari Universitas Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, telah membuat karya unik yang akan membuat kamu kaget. Karya itu ia rupakan seperti sebuah peta yang berbetuk bulat, namun berisikan alam semesta yang dilihat dari bumi hingga Galaksi Andromeda.


Gambar-gambar tersebut ternyata ia satukan dengan perhitungan logaritma, mendengar logaritma saja pasti membuat karya ini sangat rumit. Sehingga kumpulan dari gambar planet, bintang-bintang, dan galaksi di seluruh alam semesta yang telah tergabung menjadi satu.


Kemudian peta ini dilengkapi dengan versi yang penuh warna. Sehingga kamu sendiri bisa mengetahui dan menilai betapa cantiknya alam semesta yang tecipta karna sebuah peristiwa 'Big Bang' tersebut. Dalam peta tersebut, matahari sebagai pusat yang dikelilingi berbagai macam objek yang luar biasa. Budassi pun menyertakan Milky Way, Awan Oort, Bintang Alpha Centauri, Kuiper Belt, dan galaksi terdekat lainnya.

Budassi membuat peta unik ini tidaklah sembarangan. Dia memanfaatkan seluruh foto koleksi yang diambil oleh NASA. Bisa dibilang karya ini sangatlah rumit. Sebab, meski telah dibantu dengan aplikasi Photoshop, Budassi tetap harus menggabungkan sekitar 500 objek berbeda dengan kurang lebih dari letak aslinya.

Karya yang seperti ini memang harus diakui kerennya, dua jempol untuk anda! Gimana menurut kamu? Kerenkan? Dalam satu peta bulat saja, kamu bisa melihat segalanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pablo Carlos Budassi Membuat Sebuah Peta Alam Semesta Dari Bumi Ke Galaksi Andromeda