Microsoft Resmi Hentikan Dukungan Pembaruan Untuk Windows 8

Jika komputer Anda masih menggunakan Windows 8, nampaknya inilah saat yang tepat untuk segera memperbarui sistem operasinya ke versi terbaru. Setelah sebelumnya resmi menghentikan dukungan untuk versi Internet Explorer lama (IE 10 dan turunannya), sistem operasi berusia tiga tahun ini kemarin resmi “dicampakkan” oleh Microsoft.

Pengguna Windows 8 telah menerima pembaruan terakhirnya untuk keamanan sistem operasi per tanggal 12 Januari kemarin. Meski sistem operasi Windows biasanya didukung hingga jangka 10 tahun, namun waktu hidup Windows 8 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 silam sudah dipersingkat.
Tampilan laptop dengan sistem operasi Windows 8. Sumber: Cnet
Ini karena Windows 8 sudah mendapat versi Service Pack Windows 8.1. Sebagaimana aturan Microsoft, pengguna memiliki batas waktu dua tahun untuk memperbarui sistem operasinya ke versi Service Pack.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Windows 8 sangat mengecewakan Microsoft dan pengguna pada umumnya, yang lebih memilih untuk bertahan di Windows 7 yang dianggap stabil. Beberapa perubahan radikal seperti penggunaan desain antarmuka Modern UI yang membingungkan pengguna, menjadikannya sulit untuk dioperasikan oleh pengguna yang hanya mengandalkan mouse dan papan ketik. Menyadari kesalahannya, Microsoft kemudian meluncurkan pembaruan Windows 8.1 pada tahun 2013. Pembaruan ini diharuskan bagi setiap pengguna Windows 8.

Meski tidak jelas bagaimana kepuasan konsumen Windows 8, namun pada tahun 2014 silam Microsoft mengaku telah berhasil menjual lebih dari 200 juta lisensi.

Setelah diperbarui ke Windows 8.1, yang disediakan gratis untuk semua pengguna Windows 8, pengguna akan melihat jangka waktu dukungan untuk sistem operasi mereka akan diperpanjang hingga 10 Januari 2023. Pengguna Windows 8.1 dapat memperbarui sistem operasinya ke Windows 10 dan mendapat perpanjangan hingga 14 Oktober 2025.
...