Kini, Mobil Tesla Dapat Memarkir Sendiri Dengan Sekali Perintah

Jika kemampuan memarkir mobil Anda cukup kacau, maka teknologi terbaru dari Tesla Motor ini mungkin akan membantu Anda (di masa depan).

Pabrikan mobil listrik yang bermarkas di Palo Alto, California ini mengeluarkan pembaruan fitur Autopilot mereka pada akhir minggu lalu. Teknologi ini akan memungkinkan pengendara untuk menggunakan sebuah perintah yang diberi nama Summon untuk memarkirkan mobil mereka tanpa harus dikemudikan. Fitur ini bekerja pada situasi yang mudah hingga yang sulit sekalipun seperti masuk ke rongga-rongga area parkir yang cukup sempit.

Demonstrasi fitur "self-park" Mobil Tesla. Sumber: Techcrunch
Fitur Summon ini juga memungkinkan mobil untuk “membangunkan diri sendiri” and melaju secara otomatis untuk mendatangi pemilik mereka. Rencana jangka panjang Tesla adalah supaya mobil mereka dapat melaju dimana saja untuk bertemu pemilik mereka sembari mengisi ulang daya di perjalanan.

Kendaraan Tesla juga nantinya dapat disinkronisasikan dengan agenda kalender pemilik mereka untuk mengetahui secara pasti kapan dan dimana pemilik harus dijemput. Meski begitu, Tesla akan membutuhkan waktu yang cukup panjang sebelum memperkenalkan fitur ini nantinya.
Kendaraan yang dapat melaju sendiri telah menjadi topik yang sangat hangat di kalangan industri kendaraan. Pabrikan mobil dan perusahaan teknologi seperti halnya Google dan Uber ramai-ramai mengadakan kerjasama untuk mengembangkan proyek kendaraan otomatis.

Hingga saat ini, teknologi tersebut masih dalam tahap ujicoba awal. Namun Tesla sudah berhasil mengembangkan kemampuan berkendara otomatis dengan bantuan perangkat lunak tambahan.

Pada Oktober 2015 kemarin, Tesla memperkenalkan teknologi yang disebut Autopilot, yang menggunakan sensor dan kamera untuk mengemudikan kendaraan secara otomatis. Namun pihak perusahaan memperingatkan pengendara bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan menyarankan tetap menyetir secara manual.

...