Friday, January 22, 2016

Jokowi Harapkan Kerjasama Dengan Tiongkok Terus Berlanjut

Presiden Joko Widodo meminta utusan khusus Tiongkok yang menghadiri peletakan batu pertama mega proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung untuk mengirim salam kepada Presiden Tiongkok, Xi Jinping, pada Kamis (21/1).

“Sampaikan salam saya kepada Presiden Xi Jinping. Saya harap kita dapat terus melanjutkan kerjasama di sektor lainnya,” kata Jokowi saat menghadiri acara di Cikalong Wetan, Bandung Barat.
Jokowi berharap kerjasama Indonesia-Tiongkok dapat terealisasikan di bidang infrastruktur, manufaktur, dan sektor lainnya. Jokowi mengatakan bahwa mega proyek bernilai 5,5 miliar dollar atau sekitar 76 triliun rupiah ini telah dicanangkan sejak akhir 2015 kemarin.

Jokowi bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat peletakan batu pertama kereta cepat Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung Barat. Sumber: Kompas
“Akhirnya kita dapat memulai (proyek pengerjaannya) hari ini. Ini adalah kerjasama besar antara Indonesia dan Tiongkok,” kata Jokowi.

Mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sempat memunculkan tekanan diplomatik antara Indonesia dan Jepang sebagaimana Beijing dan Tokyo juga masih dilanda banyak ketegangan politik. Tahun 2011 silam, Jepang melakukan studi kelayakan mengenai proyek tersebut. Namun Menteri BUMN Rini Sumarno akhirnya memilih menandatangani nota kesepahaman dengan Tiongkok untuk melaksanakan proyek kereta cepat ini.

Jokowi pernah mengadakan kontes antara Tiongkok dan Jepang. Pemerintah akhirnya memilih Tiongkok karena menjanjikan pendanaan proyek ini tidak akan memakan anggaran negara.

Pemerintah Tiongkok akhirnya memberi pinjaman kepada Indonesia dengan bunga 2 persen untuk menutup 60 persen total biaya proyek yang digunakan oleh konsorsium BUMN Indonesia. Sedangkan sisa 40 persen dibiayai oleh konsorsium BUMN Tiongkok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jokowi Harapkan Kerjasama Dengan Tiongkok Terus Berlanjut