Monday, January 25, 2016

ISIS Merilis Video Yang Menunjukkan Pelaku Serangan Paris

Media ISIS merilis sebuah video pada hari Minggu, 24/1 yang mengklaim memiliki bukti gambar dan kata-kata terakhir dari 9 orang yang terlibat dalam serangan bom di Paris yang menewaskan 130 orang pada 13 November silam.

Reuters yang memberitakan perihal video tersebut tidak dapat memverifikasi kebenaran isinya. Di dalam video itu, terdapat kecaman anti-Barat dan diakhiri dengan ancaman untuk menyerang Inggris.
Kementerian Luar Negeri Prancis menolak untuk mengomentari video tersebut. Kantor Perdana Menteri juga tidak mengeluarkan pernyataan apa-apa, dan Reuters juga belum dapat menghubungi pejabat di Kementerian Dalam Negeri Prancis.

Video pemenggalan kepala sandera ISIS. Sumber: Japan Times

Video tersebut diunggah pada akun resmi ISIS di aplikasi perpesanan Telegram yang menunjukkan beberapa orang teroris yang mengenakan seragam kamuflase dengan latar padang pasir. Video ini direkam sebelum serangan di Paris terjadi.

Beberapa diantaranya juga memperlihatkan adegan pemenggalan kepala sandera yang ditahan oleh ISIS. Kelompok militan garis keras ini memang sering menggunakan adegan sedemikian rupa sebagai taktik untuk menakut-nakuti pemerintah.

“Ini adalah pesan terakhir dari kesembilan ‘singa daulah’ yang bergerak dari sarang mereka untuk menyerang sebuah negara, Prancis, menjadi bertekuk lutut,” demikian diucapkan oleh seorang narator dalam video tersebut.


Kesembilan penyerang tersebut dikenali berdasarkan kewarganegaraannya. Tiga orang Prancis, empat Belgia, dan dua orang Irak yang sering disebut Ali al-Iraqi dan Ukashah al-Iraqi. Keduanya disebut-sebut pernah mencoba masuk ke Stade de France saat pertandingan timnas Prancis melawan Jerman berlangsung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ISIS Merilis Video Yang Menunjukkan Pelaku Serangan Paris