Tuesday, January 5, 2016

Beragam Khasiat Mengkudu untuk Kesehatan

Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat kembali menggunakan obat tradisional sebagai cara pengobatan seperti jaman dulu kala. Para ahli dan pakar terus-menerus mengadakan penelitian dan pngujian terhadap sejumlah tumbuhan yang berkhasiat untuk pengobatan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Masyarakat masih banyak yang belum paham tentang apa saja manfaat dan khasiat dari tumbuhan-tumbuhan. Padahal, banyak sekali tumbuhan berkhasiat yang bisa temui di Indonesia. Salah satunya adalah khasiat buah mengkudu. Tumbuhan yang jarang dikonsumsi masyarakat ini ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak.

Mengkudu sendiri masih termasuk jenis tumbuhan kopi-kopian. Tumbuhan bisa hidup di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan yang tersebar hingga kepulauan Pasifik ini sendiri ternyata tumbuhan asli Indonesia.  Tanaman ini memang jarang dikonsumsi oleh masyarakat.

Ini dikarenakan bau dan rasa dari buah tersebut yang tidak sedap. Buah ini mempunyai beragam zat yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan, seperti morinda diol, morindone, morindin, anti-oksidan, kalsium, metal, hingga asam kapril.

Kebanyakan orang mengkonsumsinya setelah menjadi olahan produk jadi seperti makanan dan juga minuman. Mengkudu sendiri mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan yang mungkin banyak orang yang belum mengetahui.

Khasiat Mengkudu untuk Kesehatan

Pertama, mengkudu dapat menurunkan hipertensi. Mengkudu yang mempunyai rasa pahit ini kandungan gula dan lemaknya sangat sedikit. Kandungan anti-oksidan yang tinggi juga menjadi faktor mengkudu yang cukup berkhasiat menurunkan hipertensi atau darah tinggi.

Selain mengatasi penyakit berat seperti hipertensi, mengkudu juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit ringan sehari-hari, seperti batuk, sakit perut dan demam. Cara pengolahannya juga cukup mudah, kita bisa mengambil sari air dari buahnya, kemudian diminum. Baca juga Durian, Si Raja Buah dengan Seribu Manfaat

Sekarang ini banyak perusahaan pengobatan yang telah membuat minuman herbal yang berbahan dasar mengkudu. Jadi, jika kita tak bisa mengolah sendiri atau tidak bisa menemukan buah mengkudu kita tinggal membeli ramuan herbal dari buah mengkudu di toko obat atau apotek terdekat.

Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan sudah di percaya banyak kalangan,  hal ini sudah dikenal sejak lama. Cobalah mengkonsumsi mengkudu secara teratur, terutama Anda yang mengalami masalah hipertensi atau darah tinggi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beragam Khasiat Mengkudu untuk Kesehatan