Saturday, January 9, 2016

Apple Patenkan Teknologi Kamera Belakang Ganda dan Teknologi Memperbaiki Sendiri

Hari Kamis (7/1) kemarin, Apple mendapat dua buah paten yang dikeluarkan oleh Kantor Merek Dagang dan Paten Amerika Serikat (USPTO). Paten pertama berisi mengenai teknologi perbaikan dan pemeliharaan sendiri dan awalnya diajukan pada Juli 2014. Sedangkan paten kedua berisi mengenai pengaturan kamera belakang ganda yang diajukan pada Juni 2015.

Paten pertama yang diberi judul “Automated Maintenance of an Electronic Device” menjelaskan tentang beragam metode dimana sebuah perangkat akan dapat mengatur dirinya sendiri dan memperbaiki kerusakan. Sebagai contoh, perangkat akan dapat mendeteksi secara otomatis jika ada air yang masuk ke lubang pengeras suara, dan kemudian mengeluarkan bunyi keras di lingkungan yang bising untuk mengeluarkan partikel air tersebut. Proses ini akan berjalan otomatis bahkan tanpa pengguna harus menekan tombol.
Gambar teknis paten kamera belakang ganda Apple. Sumber: United States Patent and Trademark Office
Paten ini juga menunjukkan bahwa perangkat juga dapat memperbaiki piksel layar yang mati tanpa bantuan pengguna. Karena prosesnya menggunakan pemindaian layar secara diagnostik, butuh waktu berjam-jam dan akan selesai pada malam hari ketika pengguna sedang tertidur.

Sedangkan paten kedua yang diberi judul “Mobile Camera System” menerangkan tentang bagaimana cara kamera belakang ganda akan bekerja pada perangkat iOS di masa depan. Kamera pertama akan mengambil gambar keseluruhan latar, dan kamera kedua yang memiliki jangkauan yang lebih jauh akan memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar secara jernih bahkan setelah melakukan pembesaran (zoom-in).

Gambar pada paten tersebut menunjukkan bahwa kedua kamera tersebut mungkin mengandung titik fokal yang berbeda, dan dapat digunakan untuk membuat gambar 3 dimensi. Apalagi, Apple baru saja mengakuisisi LinX, sebuah perusahaan yang khusus menjual perlengkapan kamera ponsel dengan bukaan lensa ganda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apple Patenkan Teknologi Kamera Belakang Ganda dan Teknologi Memperbaiki Sendiri