Friday, January 29, 2016

Antisipasi Virus Zika, Maskapai Tawarkan Pengembalian Dana Bagi Wanita Hamil

Maskapai penerbangan di Amerika Serikat dan Eropa ramai-ramai memberi pengembalian dana kepada calon penumpang wanita hamil yang akan bepergian ke wilayah yang menjadi tempat penyebaran virus penyusutan otak atau yang disebut dengan virus Zika.

Meski kebanyakan orang yang terkena virus tersebut hanya akan mengalami sakit kecil, namun risiko yang ditimbulkan bagi wanita hamil jauh lebih besar. Pihak pejabat Brasil sebelumnya mengatakan bahwa virus yang disebarkan lewat nyamuk ini membuat kepala bayi yang lahir mengalami penyusutan.

Kasus virus Zika banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Pihak World Health Organization (WHO) mengatakan virus tersebut dapat menyebar ke seluruh benua Amerika.
Anak penderita mikosefalus akibat virus Zika. Sumber: The Telegraph
Maskapai United Airlines dan American Airlines mengatakan pihaknya sudah menawarkan pengembalian dana atau penundaan jadwal bagi beberapa penumpang yang berencana terbang ke daerah yang terkena virus tersebut. Penawaran ini ditujukan khusus untuk wanita hamil dan pasangannya. Penumpang lain mungkin juga khawatir akan keselamatan mereka, dapat menghubungi pihak maskapai.

Sementara pihak American Airlines mengatakan pihaknya akan mengembalikan dana bagi penumpang wanita hamil jika sudah mendapat rekomendasi dari dokter untuk tidak melanjutkan perjalanan mereka. Penawaran ini ditujukan jika perjalanan mereka mengarah ke negara yang terkena dampak virus Zika di seluruh benua Amerika.

Selain kedua maskapai diatas adapula beberapa diantaranya yang menawarkan solusi yang sama, seperti JetBlue Airways, Spirit Airlines, Southwest Airlines, Royal Carribean Cruise, dan Norwegian Cruise Line.


Beberapa wabah penyakit menular sebelumnya pernah membuat kekacauan di industri penerbangan dan pariwisata AS, seperti contohnya wabah sindrom pernafasan akut (SARS) yang pernah menyerang wilayah Asia pada 2003 dan 2015 kemarin. Pemerintah AS pernah memblokir perjalanan wisata menuju negara-negara di Asia Timur dan menginspeksi setiap barang yang diimpor dari wilayah tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Antisipasi Virus Zika, Maskapai Tawarkan Pengembalian Dana Bagi Wanita Hamil