Anda Benci Donald Trump? Gunakan Aplikasi Trump Filter Ini

Apakah Anda benci Donald Trump? Sebuah ekstensi Google Chrome terbaru memungkinkan penggunanya untuk menghapus semua terbitan dan foto yang berkaitan dengan Trump saat bermain internet.

Trump Filter, begitu aplikasi ini dinamai, adalah sebuah ekstensi Chrome yang mencari situs web yang terkait dengan calon Presiden AS dari Partai Republik ini, lalu kemudian menggantinya dengan bagan kosong.
Aplikasi Ekstensi Google Chrome Trump Filter. Sumber: Laman Ekstensi Chrome
“Hapuslah Donald Trump dari peramban web Anda, tanpa harus keluar dari internet,” demikian tertulis pada deskripsi ekstensi Trump Filter.

“Dalam dunia politik dimana popularitas dapat direkayasa melalui perhatian (khalayak), maka satu-satunya cara untuk mengempiskan popularitas dan kebintangan Trump di dunia politik adalah dengan membuatnya tak bernafas. Trump hanya bisa kalah jika kita mematikan televisi.

“Jadi, Trump Filter diperkenalkan sebagai bagian dari obat penawar yang akan menangkal pencalonan dirinya yang ‘sarat akan racun’. Ekstensi Chrome ini akan menilik bagian-bagian mana saja dari sebuah halaman web yang berpotensi terkait dengan Donald Trump, lalu kemudian menghapusnya dari Internet. Bagikan hal ini kepada teman-teman Anda, dan hilangkan satu-satunya mata uang yang dapat dihabiskan oleh Trump untuk memenangkan dirinya, yakni pengenalan merek.”

Ekstensi ini pertama kali diluncurkan pada 24 Desember kemarin dan dikembangkan oleh Rob Spectre, seorang desainer web dan “ahli teknologi beraliran punk rock.”

“Saya harap dengan adanya aplikasi ini orang-orang akan mulai mencari alternatif calon Presiden AS di luar sana,” ujar Spectre dalam wawancara kepada CNN.

Ia mengakui tak mendapat keuntungan sepeserpun dari aplikasi gratis ini. “Saya tidak dikirim oleh Partai Republik, Demokrat, pemerintahan Obama, ibu saya, maupun pihak lain yang mungkin saja mempengaruhi saya.”

Trump Filter dapat diatur menjadi tiga tahapan penyaringan, yakni lembut (mild), agresif (aggressive), dan “pendendam” (vindictive).

Belum ada ekstensi serupa yang dapat dipasang di televisi. Namun Spectre yakin bahwa “jumlah instalasi yang besar akan membuat media internasional sadar bahwa orang t***l semacam ini tidak perlu lagi diberitakan.”

Meski mendapat rating 3,5 bintang secara keseluruhan, namun kebanyakan pengguna mengeluhkan kinerja peramban web mereka setelah memasang ekstensi ini. Bahkan dengan pengaturan yang paling lembut, situs berita umum menjadi sangat lambat untuk dimuat.

...