Tuesday, January 26, 2016

Ahok: Ridwan Kamil Bisa Kalahkan Saya Di Pilgub DKI 2017

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok secara terang-terangan menyebut Walikota Bandung, Ridwan Kamil sebagai pesaing serius dalam pilkada DKI Jakarta yang akan digelar tahun depan.

Setiap orang yang berpengalaman memimpin suatu daerah juga memiliki potensi besar untuk memimpin ibukota, ujar Ahok sembari merujuk Presiden Joko Widodo sebagai contoh. Jokowi terpilih sebagai Gubernur Jakarta pada 2012 setelah dua periode memimpin kota Surakarta.

Ahok dan Emil saat jumpa pers sebelum final Piala Presiden 2015. Sumber: Kompas.com
“Itulah kenapa dia (Ridwan Kamil) bisa kalahin saya,” kata Ahok seperti dilaporkan oleh Kompas.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini dianggap sukses membawa perubahan pada ibukota Jawa Barat dan telah diajak oleh berbagai partai politik untuk maju ke pilkada DKI tahun depan. Beberapa parpol yang tertarik menjadikan Ridwan Kamil sebagai kandidatnya adalah Gerindra, Demokrat, dan PKS.

Meski begitu, Walikota Bandung ini belum memutuskan apakah akan maju ke pilgub DKI tahun depan.

Sementara itu Ahok akan maju dari jalur independen dan mengandalkan Teman Ahok untuk mengumpulkan KTP warga sebagai bentuk dukungan. Hingga kini, Teman Ahok berhasil mengumpulkan 630 ribu fotokopi KTP warga Jakarta, sehingga lebih dari cukup untuk memungkinkan Ahok maju dari jalur independen.


Menurut survei yang diadakan CSIS, elektabilitas Ahok di DKI masih tinggi, yakni 45 persen, disusul oleh Ridwan Kamil (15,75 persen) dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini (7,75 persen). Survei ini mengikutsertakan 400 orang responden pada tanggal 5 hingga 10 Januari kemarin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ahok: Ridwan Kamil Bisa Kalahkan Saya Di Pilgub DKI 2017