Tuesday, January 26, 2016

Aburizal Bakrie Diminta Mundur Dari Ketua Umum Golkar Versi Munas Bali

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumatera Utara versi Musyawarah Nasional (Munas) Bali pada November 2014 kemarin menyerukan agar Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie untuk mundur demi memastikan keabsahan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang akan diselenggarakan untuk memilih ketua umum baru.

Sekretaris DPD Golkar Sumut, Sodrul Fuad mengatakan anggota partainya menolak ide untuk menggelar Munaslub. Ia kemudian mengatakan bahwa Golkar versi Aburizal Bakrie tidak akan sanggup menggelar Munas ataupun Munaslub karena secara AD/ART hanya dapat digelar apabila mendapat dukungan dari dua pertiga DPD di seluruh Indonesia.

Akbar Tanjung, Aburizal Bakrie, dan Ginanjar Kartasasmita pada Rapimnas Senin (25/1) kemarin. Sumber: Tribunnews.com
“Jika kita melihat AD/ART partai, Munas atau Munaslub hanya dapat digelar jika Bang Ical mundur,” ujar Sodrul saat menggelar diskusi di Komisi A DPR yang ikut mengatur Rapimnas Partai Golkar di Jakarta Convention Center, Senayan, pada Senin (25/1).

Komisi A ditugaskan untuk mendiskusikan kemungkinan diselenggarakannya Munas atau Munaslub yang akan memilih ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut.

Minggu (24/1) DPD Golkar dari 34 provinsi dan 10 anak organisasi Golkar menyampaikan sikap mereka.

Total ada 13 suara yang ingin menggelar Munaslub, sementara 16 lainnya menolak. 7 suara memilih mengikuti keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat Golkar, 3 suara mengikuti Aburizal, dan 5 sisanya memilih mengikuti keputusan yang diadakan pada Rapimnas.

DPD yang menolak Munaslub diantaranya adalah Aceh, Bali, Sulawesi Tengah, Jakarta, Lampung, Bengkulu, Papua, Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Sulawesi Tenggara.


Senin kemarin, DPD dari beberapa provinsi lain seperti Jawa Timur dan Kalimantan Barat juga menyampaikan penolakan mereka untuk mengadakan Munaslub. Hanya Sumatera Selatan yang tetap teguh dengan pendiriannya untuk mendukung upaya Bakrie dalam mengadakan Munaslub.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Aburizal Bakrie Diminta Mundur Dari Ketua Umum Golkar Versi Munas Bali