Tradisi Kemacetan Menuju Puncak Bogor

Seperti tradisi liburan panjang sebelumnya, jalur Puncak, Jawa Barat mengalami kemacetan parah di liburan panjang akhir tahun ini. Ribuan warga ibukota menyerbu jalan-jalan yang menuju kawasan Puncak Bogor. Hal ini menyebabkan kemacetan parah di beberapa ruas tol, khususnya tol Cipali.

Sejak Kamis (24/12) pagi, ribuan mobil dari arah Jakarta terlihat menuju beberapa jalan tol yang menuju kawasan Puncak. Akibatnya, terjadi kemacetan parah hingga 5 kilometer di Puncak. Beberapa pintu masuk tol seperti tol Cikampek, Cipali dan Ciawi terlihat penumpukkan kendaraan yang sulit terurai.

Menurut data, kendaraan yang masuk menuju Puncak mencapai 30.000 lebih. Untuk mengurangi macet di puncak, petugas kepolisian setempat memberlakukan sistem buka tutup untuk bisa sedikit mengurai kemacetan. Namun volume kendaraan yang gila-gilaan membuat kemacetan panjang masih saja terjadi.

Banyak warga yang tidak kuat berlama-lama antre di kemacetan dan memilih memakirkan kendaraannya di pinggir jalan tol. Banyak pula kendaraan yang mogok di tengah jalan. Kawasan Rest Area di dalam tol pun juga dipenuhi dengan warga yang tak kuat berada dalam kemacetan. Hal itu makin menambah parah kemacetan.

macet di puncak

Akibat kemacetan tersebut, jarak Jakarta dan Puncak yang biasanya bisa ditempuh kurang dari 2 jam, kini menjadi 7 perjalanan. Bahkan ada beberapa kendaraan yang membutuhkan waktu hingga 10 jam lebih untuk sampai ke kawasan Puncak. Kemacetan sendiri diprediksi masih akan terjadi hingga hari Sabtu nanti.

Kemacetan menuju arus balik ke Jakarta nampaknya juga akan terjadi, melihat banyaknya kendaraan yang menuju kawasan Puncak Bogor. Kemacetan di long weekend seperti ini memang sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri bagi warga ibukota.

Warga ibukota benar-benar ingin memanfaatkan liburan panjang tanggal merah Maulud Nabi Muhammad SAW dan Natal, dengan mengunjungi kawasan wisata Puncak. Pesona Puncak masih menjadi daya tarik utama para wisatawan dari kawasan ibukota Jakarta. Kemacetan panjang dan melelahkan buka menjadi sebuah halangan bagi para wisatawan dari ibukota tersebut.

Bagi Anda warga ibukota yang ingin menuju ke Puncak, akan lebih baik jika Anda memikirkan matang-matang sebelum berangkat. Pastikan fisik dan mental Anda benar-benar siap jika ingin bertarung melawan kemacetan menuju kawasan Puncak Bogor.

...