Tips Agar Mata Karyawan Selalu Sehat

Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga bagi setiap pekerja atau karyawan dalam melakukan aktivitas kerjanya mulai dari pagi hingga sore hari. Khususnya untuk para pekerja yang bekerja dibalik layar monitor. Karena hampir di setiap semua pekerjaan mengharuskan kita menatap layar komputer. Jika kita tidak memperhatikannya dengan baik, maka kesehatan mata kita menjadi taruhannya.

Supaya mata secara menyeluruh selalu dalam keadaan yang sehat dan normal. Mata normal sangat berharga karena jika sudah rusak anda akan menyesal dan tidak bisa melihat seperti sedia kala ketika mata masih sehat. Usahakan mata berjarak dari layar komputer sekitar 50 centimeter. Sedangkan kalau televisi , jaraknya harus tiga kali lebih besar dari besarnya layar.


Dokter mata dari Vitreoretina Retina Service Jakarta Eye Centre (JEC) mengatakan jika mata kita ingin tetap sehat, terutama untuk para pekerja dibidang komputer. Berikut Tips agar mata karyawan selalu sehat.

Pertama, jangan terlalu terang dan juga jangan terlalu gelap. Sesuaikan dengan cahaya ruangan. Makanya di komputer atau Macbook lain suka ada auto brightness untuk meyesuaikan dengan ruangan.

Kedua, jangan pernah ada sumber cahaya lain di belakang komputer, misalnya lampu pelajar ataupun cahaya yang lain. Karena munculnya dua cahaya akan mengakibatkan mata kita akan menjadi cepat lelah.

Dan ketiga, setelah 30 menit lamanya Anda bertatap layar monitor. Sebaiknya istirahatlah sejenak, jika di paksakan, maka hanya akan menambah parah keadaan. Lihatnya jarak yang jauh dari pandangan mata kita untuk relaksasi mata agar mata tidak tegang, agar mencegah mata kita dari penyakit rabun. Lalu tutup mata selama 10 detik. Dan jika mata kita ingin tetap lembab, pakailah obat air mata yang sudah di anjurkan oleh dokter kesehatan mata.

Itu beberapa tips dari dokter Jakarta Eye Centre untuk para orang yang bekerja di balik layar komputer. Atau Anda mempunyai tips lainnya? Semoga anda tetap sehat selama bekerja.
...