Seni Miniatur Ini Dibuat Dari Sebatang Pensil Oleh Dalton Ghetti

Sudah banyak seniman yang telah menggunakan pensil untuk membuat karya seni. Namun beda dengan seniman satu ini, Dalton Ghetti menciptakan karya seni berupa miniatur di ujung pensil.

Dalton, yang bekerja sebagai tukang kayu, telah membuat karya miniaturnya selama 25 tahun. Seperti patung Elvis Presley yang mengenakan nuansa, diukir dalam satu pensil.

Pria yang berusia 49 tahun itu mengatakan "Disekolah, saya suka mengukir nama teman-teman didalam kayu sebuah pensil. Lalu, memberikan kepada mereka sebagai hadiah. Kemudian ketika aku mengubah dari sebuah ukiran nama ke patung. Saya membuat potongan-potongan besar seperi kayu, Tetapi saya ingin menantang kemampuan diri saya sendiri dengan mencoba untuk membuat ukiran yang sekecil mungkin." Berikut, seni miniatur ini dibuat dari sebatang pensil oleh Dalton Ghetti.


"Saya membuat percobaan dengan bahan yang berbeda, seperti kapur. Tapi suatu hari aku mempunyai satu ide yang mungkin seniman lain belum mencobanya. Dan akupun memutuskan untuk mengukir ke dalam grafit pencil"


Sebuah gergaji kecil, menggunakan kayu dan grafit dalam satu pensil.


Ternyata Dalton hanya menggunakan tiga alat dasar untuk membuat kreasi yang luar biasa. Antara lain seperti silet, jarum jahit dan pisau patung. Dia pun sama sekali tidak menggunakan kaca pembesar dan setiap karya seninya tidak dijual. Tetapi karyanya hanya untuk diberikan kepada teman-temannya. Dia mengatakan "Saya menggunakan jarum jahit untuk membuat lubang atau menggali grafit. Saya mengeruk, membuat garis dan mengubah grafit dengan perlahan."


Dalton menghabiskan waktunya untuk satu bagian membuat pensil dengan rantai interlinking selama dua setengah tahun. ini adalah pembuatan terlama Dalton. Seorang seniman yang berbakat, mungkin akan memakan waktu beberapa bulan.


Dalton Ghetti yang berasal dari Brazil, memliki kotak besar yang hanya berisi lebih dari 100 patung grafit pensil yang telah rusak saat ia bekerja. Dan dia pun memberi koleksi dengan nama 'koleksi pemakaman'. "Orang-orang mungkin berpikir itu aneh karena saya menyimpan koleksi yang sudah rusak. Namun saya tetap menyimpannya, agar lebih menarik."


Bukan hanya membuat patung di grafit pensil. namun dia juga bisa membuat tulisan abjad dalam 1 kata 1 pensil. "Sekecil apapun bakat kita, tetapi kita harus coba mengembangkannya agar menjadi besar," ucap Dalton.

Tentu, bukan hanya itu saja karya grafit yang Dalton ciptakan. Masih banyak karya-karyanya yang membuat kita kaget. Semakin kecil, Semakin menjadi. Semakil kecil, Semakin keren.
...