Inilah Maskot Asian Games 2018 Indonesia Yang Menuai Kecaman

Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia, yaitu Asian Games 2018. Penyelenggaraan event olahraga terbesar di Asia tersebut akan dihelat di dua kota sekaligus, yaitu Jakarta dan Palembang. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah ajang serupa di tahun 1962. Indonesia sudah memantapkan persiapannya jauh-jauh hari.

Kini, Indonesia dinilai telah siap menggelar event olahraga empat tahunan tersebut. Namun, ada satu masalah terkait Asian Games 2018, yaitu mengenai maskot bernama Drawa, yang akan menjadi identitas Asian Games 2018.

Banyak pihak yang menilai bahwa maskot berupa burung "Cendrawasih" tersebut tidak layak dijadikan maskot Asian Games 2018. Bukan karena jenis hewan yang dipilih, melainkan karena desainnya yang terlihat sangat ketinggalan jaman. Drawa pun mendapat banyak cibiran di sana sini.
Maskot Asian Games 2018 Indonesia Yang Menuai Kecaman
Photo : Copyright detik.com
Banyak Netizen di Twitter yang mengomentari masalah ini. Kebanyakan mempertanyakan bagaimana bisa desain tersebut dipilih dan menjadi kemudian dijadikan maskot resmi Asian Games 2016. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan desain maskot pendahulunya yang lebih bagus dan modern.

Proses pemilihan maskot itu pun sempat dipertanyakan karena tidak melalui mekanisme yang jelas dan transparan. Komite Olimpiade Indonesia atau KOI yang berwenang juga seperti tidak tahu mengenai masalah ini. Menurut para petinggi KOI, pemilihan maskot tersebut dilangsungkan ketika mereka belum dilantik.

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nachrawi sendiri sudah berjanji untuk segera mengganti desain dari maskot tersebut. Pemerintah nantinya akan menggelar sayembara ulang untuk re-branding maskot Asian Games 2018 tersebut. Semua desainer bisa mengikuti sayembara berhadiah tersebut.

Maskot Drawa Cendrawasih yang Dianggap Terlalu Jadul Bila Dibandingkan Maskot dari Negara Lain
Maskot Asian Games 2018

Masalah maskot ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pihak-pihak terkait. Jangan sampai nama Indonesia tercoreng akibat maskot yang kuno tersebut. Pemerintah dan Komite Olahraga terkait harus saling bersinergi agar masalah ini cepat selesai. Asian Games sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Masih banyak waktu bagi atlet-atlet Indonesia mempersiapkan diri di ajang ini. Prestasi terbaik dari para atlet yang berlaga di ajang olahraga internasional ini ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah rindu akan kejayaan olahraga Indonesia di tingkat dunia.

...