Thursday, December 24, 2015

8 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Telur memang merupakan makanan yang  kaya akan kandungan Protein, lemak, kolin dan vitamin di dalamnya, salah satunya adalah jenis telur puyuh. Siapa sih yang tak kenal dengan telur kecil imut satu ini?

Ya, telur puyuh menjadi salah satu telur populer dikalangan masyarakat Indonesia, dengan bentuknya yang jauh lebih kecil, lonjong di bandingkan dengan bentuk telur ayam ataupun bebek. Tapi menurut riset, telur puyuh jauh lebih bergizi sehingga khasiatnya banyak sekali digunakan dalam pengobatan-pengobatan tradisional. 

Ciri khas lainnya yang terdapat di telur puyuh ialah mempunyai cangkang telur yang berwarnah putih pucat, dengan motif bintik-bintik coklat di bagian luar cangkangnya. Inilah yang membuat telur puyuh menarik dan unik dibandingan dengan telur bebek, ayam atapun telur-telur lainnya. 

Bisa dibilang telur puyuh adalah sumber makanan yang banyak dicari oleh masyarakat dan juga telur puyuh sangat mudah mendapatkannya di pasar. Telur puyuh sendiri memiliki kandungan yang kaya Protein dan masih banyak zat penting lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. 

Telur puyuh tidak hanya terkenal di Tanah Air kita saja, tetapi juga sudah dikenal oleh bangsa Eropa dan Amerika. Disana telur puyuh termasuk menu hidangan makanan yang mewah, bisa anda bayangkan istimewanya telur puyuh. Jadi jangan pernah meremehkan telur kecil satu ini.

Pemirsa beritaterbaru.id berikut penjelasan lebih lengkap tentang 8 manfaat telur puyuh untuk kesehatan tubuh yang sangat banyak kandungan gizi dan nutrisinya sehingga berguna untuk membasmi berbagai macam penyakit.

Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Percayakah anda jika kandungan alami yang terdapat pada sebuah telur puyuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) kita. Cobalah cara ini agar ubuh anda terus terasa bugar setiap hari.

Makanlah telur puyuh sebanyak 4 sampai 6 butir dan rasakanlah efek yang berbeda pada kesehatan anda. Sebab memakan telur puyuh, sistem kekebalan dalam tubuh kita bisa meningkat secara efektif dan maksimal.

2. Telur puyuh sebagai sumber protein yang berguna untuk kesehatan tubuh

Tahukah anda dalam sebuah telur puyuh terdapat kandungan protein sebanyak 13,05 gram. Sedangkan jika dibandingkan dengan telur ayam ataupun bebek, kandungannya sangat jauh sekali.

Hal ini membuktikan bahwa telur puyuh memang memiliki sumber protein yang lebih banyak dan tentunya sangat berguna sekali untuk membantu kesehatan tubuh kita. Baca juga Manfaat Meditasi selain Sembuhkan Penyakit dan Kecanduan.

3. Khasiat Telur Puyuh sebagai Anti Aging/ Mencegah datangnya penuaan dini

Siapa sih yang tak mau awet muda, bukan hanya wanita pria pun mendambakan hal itu. Selain berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat telur puyuh lainnya adalah dapat memperlambat proses penuaan dini atau anti aging.

Dalam riset yang telah dilakukan, menyebutkan bahwa Lutein yang terdapat pada kuning telur dipercaya sangat ampuh memperlambat penuaan dini hingga 40 persen. Sehingga hal ini menjadikan manfaat telur unik ini cukup beragam akan khasiatnya.

4. Penguat fungsi otak dan membantu perkembangan janin di kandungan

Telur puyuh dipercaya baik untuk menguatkan memori otak serta sebagai pengantar sinyal saraf , dimana nutrisi kolin yang terdapat pada sebutir puyuh dapat membuat fungsi otak  berkerja dengan sangat baik, sehat, dan terjaga selalu kondisinya yang prima. Sehingga fungsi otak akan mencapai hasil yang sangat maksimal.

Tak hanya itu saja, dimasa kehamilan seorang Ibu, janin yang berada dalam kandungannya juga mendapat manfaat luar biasa dari nutrisi kolin. Sehingga bisa meminalisir terjadinya kematian pada calon bayi dan melindungi perkembangan  janin agar tidak terlahir dalam keadaan cacat.

5. Mencegah gangguan saluran pencernaan

Anda memiliki masalah gangguan di saluran pencernaan? Seperti asam lambung, magg dan perut sembelit. Ada baiknya anda untuk mengkonsumsi rutin telur puyuh, dan rasakanlah bedanya sebelum dan sesudah mengkonsumsinya. Tak hanya ampuh mengatasi masalah gangguan pencernaan, telur puyuh juga terbukti mampu meningkatkan kinerja syaraf tubuh terutama di bagian organ reproduksi perut.

6. Baik untuk kesehatan mata

Zat Zeaksantin dan Lutein yang dikenal sebagai senyawa alami diyakini dapat meningkatkan kinerja cahaya biru pada mata sebanyak 20 sampai 90 persen. Zat ini sangat penting peranannya untuk memaksimalkan fungsi retina pada mata. Tak perlu anda membeli obat-obatan herbal, atau minuman suplemen.

Cukup mengkonsumsi rutin telur puyuh, sebab zat Zeaksantin dan Lutein terdapat cukup banyak dalam kandungan telur puyuh. Luar biasa bukan? Cara mendapatkan kesehatan tubuh yang terbilang sangat murah. Dan bisa dipastikan, fungsi mata anda akan selalu bekerja secara maksimal setiap saat. Baca juga Mitos Salah Sarapan Pagi yang Masih Dipercaya Orang.

7. Menyembuhkan Penyakit Alergi Turunan

Seperti yang kita tahu, penyakit alergi yang diturunkan dari kakek, nenek atau orang tua kita sangat sulit untuk disembuhkan. Mirisnya, penyakit ini bahkan bisa diteruskan pada anak-anak kita nanti. Penggunaan obat-obatan pun seperti tidak berfungsi dengan baik, hanya sebagai penyembuh sementara atau sekedar mengurangi timbulnya penyakit alergi yang baru.

Dengan kandungan Globulin yang rendah, anda yang memiliki penyakit alergi tak perlu lagi khawatir untuk mengkonsumsi telur puyuh. Berbeda halnya dengan telur ayam, yang rata-rata sangat pantang untuk dijadikan menu makanan bagi seorang pengidap penyakit alergi.

8. Manfaat Telur Puyuh untuk Mencegah Penyakit kanker

Percaya gak percaya, dalam suatu riset penelitian pada orang-orang yang rajin mengkonsumsi telur puyuh. Ternyata tubuh yang dimiliki oleh mereka sangat baik dan dijauhkan dari resiko terkena penyakit kanker. Inilah yang menjadikan khasiat dan manfaat telur puyuh sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita.

Sebab, telur puyuh kaya akan enzim yang berfungsi untuk membasmi gejala-gejala awal datangnya penyakit kanker pada tubuh kita. Bagaimana pemirsa, anda ingin segera memulai hidup sehat dari sekarang. Dengan menambahkan telur puyuh, ke dalam menu hidangan pagi anda. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh