Barcelona Pecat Sergi Guardiola Karena Dianggap Menghina Katalan

Barcelona pecat Sergi Guardiola karena dianggap menghina Katalan - FC Barcelona telah membatalkan kontrak Sergi Guardiola hanya berselang dua jam setelah mengikat sang pemain, karena menemukan indikasi perbuatan tidak terpuji pada akun Twitter sang pemain, dua tahun silam.

Sergi Guardiola (dua dari kiri) seusai menandatangani kontrak dengan Barcelona. Sumber: Barcelona FC
Sejatinya, Sergi Guardiola, 24 tahun, sudah mengikat kontrak dengan Barcelona B pada Senin siang waktu setempat, namun diputus kontraknya pada sore harinya. Pihak El Barca menganggap tweet yang pernah diposting oleh sang pemain beberapa waktu yang lalu adalah bentuk penghinaan atas Barcelona dan wilayah Katalan.

Pemain rekrutan baru tersebut pernah memposting tweet “Hala Madrid” yang menunjukkan dukungannya atas klub ibukota Spanyol dan musuh bebuyutan Barcelona tersebut. Beberapa tweet yang menjurus ke arah anti Katalan juga ditemukan dalam akun pemain yang bersangktan. Salah satu yang paling mengundang kemarahan adalah ketika dirinya memposting tweet dengan kata-katat “Katalan pe****r”

Unggahan tweet Sergi Guardiola di 2013
Setelah diputus kontraknya dan menjadi buah bibir di Spanyol, Sergi Guardiola (yang tidak punya hubungan apa-apa dengan Pep Guardiola) mengatakan dalam sebuah wawancara dengan radio Spanyol, Cope, bahwa ia tidak tahu perihal tweet penghinaan tersebut dan berkilah bahwa pos tersebut diunggah oleh temannya.


“Saya tahu saya melakukan kesalahan. Saya minta maaf ke Katalan dan Barcelona. Saya paham keputusan mereka. Saya pun akan melakukan hal serupa.”

...