Thursday, December 10, 2015

10 Manfaat Berkaraoke untuk Kesehatan

Yang hobinya karaoke pasti merasakan bahwa menyanyi memang menyenangkan, selain itu bisa n mendapatkan energi positif dan menghilangkan ketegangan, apalagi setelah kita merasakan lelah bekerja seharian. Ya, meski suara anda tidak bagus layaknya seorang penyanyi profesional, bersyukurlah jika anda mempunyai hobi berkaraoke. Karena ternyata kegiatan yang satu ini tidak hanya menyenangkan, namun juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Hobi karaoke saat ini menjadi bagian dari budaya pop yang banyak digemari oleh para kalangan anak muda maupun yang tua. Tahukah anda? Bersenang-senang lewat menyanyi dengan teman-teman bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stres.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine di Jepang merekomendasikan bahwa berkaraoke sangat bagus untuk memperbaiki kondisi sistem syaraf dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk lebih jelasnya simak 10 Manfaat Karaoke untuk Kesehatan berikut ini:


1. Mengoksidasi darah
Ketika anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas, volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya.

2. Dapat Membangkitkan suasana hati
Sama seperti kita bermain bersama teman-teman, bernyanyi di tempat karaoke juga dapat memicu pelepasan zat kimia yang dapat membangkitkan suasana hati jauh menjadi lebih bahagia.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Karena saat bernyanyi, sirkulasi darah dalam tubuh anda meningkat, maka akan terjadi oksidasi sel karena proses ini. Hasilnya imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi ringan dan meningkat.

4. Merangsang aktivitas otak
Bernyanyi memerlukan pemikiran. Saat bernyanyi, Anda perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkan dengan emosi. Saat bernyanyi, udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintergrasikan aktivitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.

5. Menjadikan pernapasan lebih baik
Saat bernyanyi anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas dengan lebih santai. Otot diafgragma akan melengkung kebawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernapas lebih aktif dan sehat.

6. Menyembuhkan insomnia
Anda sering merasa sebal karena insomnia tak kunjung sembuh? Cobalah untuk bernyanyi. Stress yang hilang karena bernyanyi akan membuat Anda segara memejamkan mata.

7. Tingkatkan postur tubuh
Bernyanyi akan memperluas dada dan menyebabkan punggung dan bahu menjadi lurus, sehingga dapat meningkatkan postur tubuh.

8. Meningkatkan kualitas tidur
Karena bernyanyi dapat melepaskan stres, secara otomatis pula dapat meningkatkan kualitas tidur. Baca juga Manfaat Meditasi selain Sembuhkan Penyakit dan Kecanduan

9. Meningkatkan Memori Ingatan
Benyanyi membuat Anda sedikitnya harus membaca atau menghafal saat mempelajari melodi baru, lirik dan musik kompleks. Cara ini bagus merangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsetrasi.

10. Membuat anda merasa fantastis
Benyanyi menjadikan Anda memiliki rasa percaya diri, memegang kendali, lebih hidup secara fisik dan kreatif. Sehingga secara mental, fisik dan emosional Anda akan merasa sangat senang dan bahagia.

Tetapi yang pasti jangan sampai kita menyanyi sampai mengganggu orang lain, seperti orang yang sedang beristirahat tetapi kita menyanyi dengan suara yang keras-keras atau kita menyanyi di depan banyak orang tetapi suara kita tidak mendukung, hehehehe..

So, what are you waiting for? Ajak teman, keluarga dan orang kesayangan Anda bernyanyi bersama!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Berkaraoke untuk Kesehatan