Nadine, Robot Sosial Yang Dapat Menemani Anda

Nadine, robot sosial yang dapat menemani Anda - Ucapkan halo kepada Nadine, robot unik yang memiliki kepribadian, emosi, dan kondisi psikologis sendiri. Robot ini sangat ramah, bisa menyapa Anda kembali, mengingat nama Anda serta percakapan sebelumnya yang Anda lakukan bersamanya.

Nadine adalah robot sosial termutakhir yang dikembangkan oleh ilmuwan di Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Dengan ditenagai perangkat lunak cerdas serupa aplikasi Siri pada Apple atau Cortana pada Windows, Nadine bisa dijadikan asisten pribadi di kantor maupun di rumah masa depan.

Nadia Thalmann, pengembang robot Nadine Sumber: NTU
Penelitinya mengklaim Nadine dapat digunakan sebagai teman untuk anak kecil dan kaum lansia.

“Ini adalah sesuatu yang serupa dengan teman nyata, yang selalu bersama Anda dan sadar akan lingkungan di sekitarnya. Jadi di masa depan, robot sosial cerdas ini bisa saja berkembang seperti C-3PO, karakter robot android legendaris di film Star Wars, yang memiliki kemampuan berbahasa dan bertata krama,” ujar pencipta Nadine, Nadia Thalmann, profesor di Universitas Nanyang.

Robot humanoid seperti Nadine adalah salah satu jenis keluaran yang dapat dikembangkan melalui teknologi yang diciptakan oleh ilmuwan di NTU. Keberadaannya pun dapat dibentuk secara virtual, sehingga akan muncul di televisi dan layar komputer, sehingga menawarkan solusi teman sosial berbiaya rendah.

Dengan berkembangnya komponen teknologi seperti chip silicon dan sensor, hal ini dapat memicu perkembangan lebih lanjut di bidang robotik. Robot sosial berbentuk fisik seperti Nadine pun dapat disebarluaskan untuk digunakan di rumah maupun perkantoran masa depan.

Karena banyaknya negara yang menghadapi permasalahan populasi yang mulai menua, robot sosial dapat menjadi solusi yang mengatasi jumlah angkatan kerja yang semakin mengecil, dan menjadi teman berman bagi anak-anak dan kaum lansia di rumah, dan bahkan menyediakan layanan kesehatan di masa depan,” demikian ujar Thalmann dalam pernyataan resminya.

...