Spesifikasi dan Review Samsung Galaxy A7

Samsung Galaxy A7 merupakan generasi baru smartphone pabrikan asal Korea. Seri A merupakan smartphone yang ditujukan untuk golongan menengah ke atas dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh ponsel. Selain itu, ciri khas dari ponsel Samsung seri A adalah body dari ponsel yang terbuat dari metal sehingga membuat kesan mewah dan elegan. 

Samsung Galaxy A7 sendiri diumumkan oleh Samsung pada bulan Januari 2015 dan dirilis ke pasaran pada bulan Februari 2015 yang lalu. Hadirnya Samsung Galaxy A7 ini adalah sebagai penerus dari seri A sebelumnya yaitu A5. A7 hadir sebagai alternatif lain bagi pengguna yang menginginkan Galaxy seri A namun dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Lalu apa saja fitur yang ditawarkan oleh ponsel ini? Di bawah ini terdapat spesifikasi dan review Samsung Galaxy A7 yang dapat menjadi acuan anda dalam mencari informasi tentang ponsel ini.

"Samsung Galaxy A7" ini hadir di pasaran dengan membawa 6 varian yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Ke enam seri tersebut adalah SM-A700F, SM-A700FD, SM-A700K, SM-A700L, SM-A700S, dan SM-A700X. Dilihat dari body, ponsel ini memiliki desain flat yang elegan dengan lapisan metal yang menyelimuti body ponsel. Ketebalan ponsel ini hanya mencapai 6.3 mm sehingga ponsel terkesan sangat tipis dan beratnya hanya mencapai 141 gram saja. 

Spesifikasi dan Review Samsung Galaxy A7

Dengan ketipisan dan beratnya yang ringan menghasilkan genggaman yang nyaman. Ponsel dengan seri A7 menggunakan SIM dengan sipe nano-SIM. SIM yang berukuran nano ini mirip seperti produk dari Apple sehingga terkesan elegan. Dari segi layar, Samsung mengusung layar dengan lebar 5.5 inci pada ponsel ini. Dari layar yang memiliki lebar 5.5 inci ini mampu menghasilkan resolusi full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 401 ppi pixel density. 
Tentunya dengan resolusi yang full HD dan kerapatan piksel yang mencapai 401 ppi ini akan menghasilkan tampilan yang jernih dan tajam. Sangat cocok untuk pengguna yang menyukai detail dan gambar yang tajam. Untuk melindungi layar dari goresan maupun benturan, Samsung membenamkan proteksi Corning Gorilla Glass 4 sehingga pengguna tidak perlu khawatir layarnya akan tergores. Dengan adanya pelindung Gorilla Glass 4 ini tentunya menutupi kekurangan dari seri A sebelumnya yang belum memiliki proteksi pada layar ponsel.

Beralih ke sisi performa, Spesifikasi Samsung Galaxy A7 dibekali dengan dapur pacu yang tidak main-main. Lihat saja CPU yang digunakan yakni quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 untuk seri A700FD. Sementara untuk seri A700F memiliki pilihan prosesor yaitu Quad-core 1.8 GHz Cortex-A15 dan Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7. Chipset yang digunakan juga sangat baik untuk seri A700FD yaitu Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Sementara untuk versi A700F memiliki chipset yang lebih gahar yakni Exynos 5 Octa 5430. 

Untuk menampilkan grafis yang mumpuni, Samsung telah membenamkan GPU Adreno 405 ke seri A700FD dan GPU Mali-T628 MP6 ke seri A700F. dari segi performa sudah tidak diragukan lagi bahwa A7 memiliki performa yang bagus. Untuk mendukung aktifitas multitasking, Samsung memberikan RAM sebesar 2 GB ke ponsel A7 ini. Tentunya dengan ukuran RAM yang lega tersebut, pengguna akan semakin lancar dalam melakukan multitasking tanpa khawatir ponsel akan lag. 

Agar performa ponsel semakin optimal, maka hal tersebut harus didukung oleh operating system yang juga ringan dan stabil. Untuk itu, Samsung memberikan OS Android versi 4.4.4 Kitkat agar performa ponsel menjadi semakin optimal. Namun pengguna juga dapat mengupgrade OS menjadi versi 5.0.2 Lolipop jika tidak ingin menggunakan versi Kitkat.

Spesifikasi Samsung Galaxy A7

Untuk kamera pada ponsel A7 tidak mengalami perubahan dari seri sebelumnya yaitu A5. Ponsel ini masih menggunakan kamera utama 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan dengan resolusi 4128 x 3096 piksel. Sementara kamera depan menggunakan kamera 5 MP. Untuk masalah kamera tampaknya tidak begitu bermasalah karena dengan spesifikasi kamera yang seperti itu sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. 

Dari segi penyimpanan juga tidak berubah, A7 masih menggunakan memori internal 16 GB yang dapat disisipi micro SD sampai dengan 64 GB. Untuk baterai yang digunakan menggunakan baterai jenis Li-Ion 2600 mAh. Fitur lainnya yang ditawarkan oleh A7 ini adalah konektivitas jaringan yang mendukung jaringan 4G LTE.

Bagaimana dengan penjelasan spesifikasi Samsung Galaxy A7. Sudah jelaskan dari hasil review tersebut, Samsung menutupi kekurangan dari pendahulu A7 dengan memberikan spesifikasi yang lebih gahar terutama dari segi performa dan kualitas layar ponsel. Namun untuk masalah baterai dan hal yang lainnya, Samsung masih menanamkan spesifikasi yang sama dengan A5. 

Dari segi harga, tentunya harga Samsung Galaxy A7 memiliki harga diatas seri A5 karena spesifikasinya yang lebih bagus. Harga baru dari Samsung Galaxy A7 berada di sekitar 6,5 juta sampai 7,5 juta rupiah. Dari harga tersebut, tentunya sudah dipastikan Samsung ingin menargetkan pengguna kelas menengah ke atas yang menggunakan ponsel ini.

...