Sekilas Review Tentang Samsung Galaxy A3

Pada tahun 2015, Samsung banyak mengeluarkan smartphone dengan spesifikasi yang luar biasa. Banyak bermunculan produk baru dari Samsung yang menawarkan berbagai fitur menarik. Salah satu produk dari pabrik asal Korea itu adalah Samsung Galaxy A series. Samsung Galaxy A series merupakan ponsel yang ditujukan untuk pengguna kelas menengah karena memiliki spesifikasi yang bagus dan body yang elegan. Hal yang ditonjolkan dari seri A ini adalah body yang terbuat dari metal sehingga membuat kesan mewah pada setiap serinya. 

Samsung Galaxy A3 merupakan salah satu produk Samsung dari A series. A3 sendiri diumumkan pada bulan Oktober 2014 dan rilis ke pasar pada bulan Desember 2014. Samsung Galaxy A3 merupakan seri yang memiliki spesifikasi lebih rendah dari A5. Seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy A3 ini? Berikut ada sekilas review tentang Samsung Galaxy A3.

Samsung Galaxy A3 mengusung spesifikasi yang lebih rendah dari A5 karena ingin menargetkan pengguna dengan golongan menengah kebawah. Namun fitur yang ditawarkan juga tidak kalah jauh dengan seri A lainnya. Galaxy A3 memiliki body berbahan metal yang membuat ponsel ini memiliki kesan elegan dan premium. Ponsel ini memiliki desain yang flat dengan ketebalan yang hanya 6.9 mm dan memiliki berat 110 gram. 

Sekilas Review Tentang Samsung Galaxy A3

Desain dari ponsel ini membuat ponsel tetap nyaman dalam genggaman. Untuk menambah kesan premium, Samsung membenamkan slot SIM model nano. Dari segi ukuran layar, A3 memiliki lebar layar sebesar 4.5 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Kerapatan piksel yang dihasilkan juga cukup tajam yaitu 245 ppi pixel density. Dengan kerapatan piksel seperti itu, tampilan yang dihasilkan sudah cukup tajam. 

Dari bahan yang digunakan untuk layar, Samsung tampaknya tidak ingin mengecewakan pelanggannya. Layar dari A3 menggunakan tipe layar Super AMOLED capacitive touchscreen 16 juta warna dan dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4. Dengan adanya perlindungan layar ini, layar akan terlindungi dari goresan atau benturan yang membuat layar jadi tergores.
Dari segi performa yang dihasilkan, Samsung Galaxy A3 membawa dapur pacu Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Selain itu, untuk mendukung tampilan grafis yang bagus Samsung mempercayakan Adreno 306 sebagai GPU untuk seri A3 ini. Tersedia RAM 1 GB dan 1,5 GB untuk A3 yang membuat multitasking menjadi lebih lancar. 

Dari hardware yang digunakan tersebut, performa yang dihasilkan oleh Galaxy A3 sudah tergolong bagus dan dapat menjalankan game-game terkini maupun berbagai aplikasi. Untuk menambah performa A3 agar lebih maksimal, Samsung memberikan sistem operasi Android versi 4.4.4 Kitkat. OS Android Kitkat memang dikenal ringan dan membuat performa ponsel menjadi lebih optimal. 

Selain itu, Kitkat juga membuat baterai ponsel bertahan lebih lama berkat dukungan ultra saving mode. Ponsel A3 juga mendukung untuk dilakukan upgrade ke OS yang lebih tinggi yakni OS Android versi 5.0.2 Lollipop. Jadi pengguna yang bosan dengan OS Kitkat dapat mengupgrade ponselnya untuk menikmati OS Lollipop ini.

Beralih ke sektor kamera, Samsung Galaxy A3 menggunakan kamera utama 8 MP. Kualitas kamera dari A3 memang sedikit lebih rendah dari A5 yang menggunakan kamera 13 MP. Dengan kamera 8 MP, gambar yang dihasilkan dari jepretan dapat mencapai resolusi 3264 x 2448 piksel. Fitur kamera juga terdapat autofocus, LED flash, face detection, dan yang lainnya. Kamera utama ini mampu menghasilkan video dengan kualitas full HD 1080p 30 fps. 

Sangat cocok bagi anda yang menginginkan ponsel yang mampu merekam dengan kualitas seperti itu. Untuk kebutuhan selfie, Samsung memberikan kamera depan 5 MP. Tentunya kamera depan A3 dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang jernih dan jelas. Kamera yang bagus tentu harus diimbangi dengan kapasitas penyimpanan yang besar. 

Review Samsung Galaxy A3

Samsung Galaxy A3 memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar yang mampu menyimpan berbagai file. Kapasitas memori internal ponsel adalah 16 GB dan dapat ditambah dengan memori eksternal berupa micro SD sampai 64 GB. Untuk masalah daya, Samsung memberikan baterai non-removable berjenis Li-Ion dengan kapasitas 1900 mAh. Baterai ini mampu bertahan hingga 12 jam untuk menelpon di jaringan 3G dan mampu bertahan selama 60 jam untuk mendengarkan musik.

Demikianlah review tentang Samsung Galaxy A3 yang dapat disampaikan. Walaupun spesifikasi A3 lebih rendah dari A5 maupun A7, namun performa yang dihasilkan tidak begitu jauh dan yang pasti memiliki harga yang lebih rendah dari A5. Harga Samsung Galaxy A3 sendiri dibanderol 3,3 juta rupiah untuk unit baru. 

Harga tersebut tentunya sebanding dengan kualitas ponsel yang memiliki performa gahar dan juga kualitas body yang berbahan metal. Selain itu, desain dari ponsel juga terlihat elegan sehingga menghasilkan kesan ponsel premium.

...